Ini Manfaat Berjemur di Pagi Hari Saat Pandemi Covid-19

Tim_Wow    •    Selasa, 24 Agustus 2021 | 17:29 WIB
Hiburan
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Menikmati sinar matahari di pagi hari sangat dianjurkan oleh berbagai pihak, terutama dunia kedokteran, apalagi saat pandemi Covid-19.

Kebiasaan menikmati sinar matahari pagi diyakini bisa meningkatkan imun tubuh untuk melawan bakteri atau virus, termasuk Virus Corona.

Bagi warga Indonesia yang tinggal di belahan daerah tropis tentunya sangat mudah untuk melakukan ini, lantaran sinar matahari sangat berlimpah. Berjemur di pagi hari diyakinijuga bisa meningkatkan Vitamin D dalam tubuh sehingga fungsi otot saraf bisa terjaga.

Tapi tentunya tidak asal berjemur, ada beberapa tips berjemur pagi hari yang aman dan penuh manfaat, yakni: 

Waktu yang Tepat

Menurut  WHO waktu berjemur pagi hari yang tepat adalah sekitar pukul 08.00-10.00 WIB. Diyakini pada waktu tersebut sangat efektif dan bermanfaat bagi tubuh.

Perhatikan  Durasi

Lama atau durasi berjemur juga harus diperhatikan. Berjemur terlalu lama malah membuat kulit tubuh malah mengalami peradangan. Durasi yang dianjurkan berkisar 15 hingga 20 menit.

Manfaat Matahari Pagi

Manfaat berjemur di pagi hari membuat imunitas menguat sampai fungsi otot dan saraf yang terjaga , lantaran sinar matahari mengandung vitamin yang diperlukan tubuh.

Ini beberapa manfaat berjemur di pagi hari: 

1.    Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat besar bagi kesehatan tulang serta mampu menghindari dari serangan berbagai penyakit kronis.  Karena vitamin D merupakan pro-hormon yang meningkatkan imunitas tubuh.

Beberapa risiko penyakit kronis yang diminimalkan dengan vitamin D, di antaranya kanker, diabetes, juga multiple sclerosis. Vitamin D juga mampu meminimalkan infeksi yang ditimbulkan virus maupun bakteri, tidak terkecuali virus corona.

2.    Kalsium

Kalsium menjadi mineral penting bagi kesehatan tubuh karena mampu mendukung tumbuh kembang. Kalsium juga berperan menciptakan trombosit sehingga bisa mencegah pendarahan pada tubuh. Kesehatan jantung pun menjadi lebih terjaga.

3.    Fosfor

Fosfor merupakan pelaku utama dalam pembentukan DNA dan RNA. Fosfor juga memengaruhi metabolism tubuh dan mencegah kontraksi otot yang berlebihan. Dengan adanya forfor, imunitas pun menjadi lebih baik.

Dengan berjemur di pagi hari bisa memperoleh berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat imunitas. (bbs/*)




MEDSOS WOWBABEL