Kasus Covid di Bangka Masih Tinggi, PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 6 September

Tim_Wow    •    Selasa, 24 Agustus 2021 | 16:25 WIB
Nasional
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Kabupaten Bangka satu-satunya daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. 

Presiden menetapkan Kabupaten Bangka bersama 34 daerah lainnya di Indonesia dengan PPKM level 4 diperpanjang hingga 6 September 2021 mengingat kasusu Covid-19 di daerah ini masih tinggi.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto dari 45 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 terdapat 11 kabupaten/kota yang turun dari level 4 menjadi level 3.

"Sisa 34 kabupaten/kota tetap berada di level assesment 4 sehingga tetap berada di level 4 dan ini akan dituangkan di dalam Inmendagri bahwa perpanjangan akan dilakukan di luar Jawa dan Bali 24 Agustus-6 September dan perpanjangan ini seluruhnya detailnya jumlah kabupaten/kota akan ada dalam Inmendagri," ujar Airlangga dalam siaran persnya, Senin (23/8/2021).

Airlangga mengungkapkan, PPKM di 34 kabupaten/kota  diperpanjang lantaran masih tingginya kasus Covid-19.  Di wilayah PPKM Level 4 luar Jawa-Bali, menerapkan bekerja dari kantor (work from office) 25 persen dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bila terjadi klaster baru, maka tempat kerja ditutup 5 hari. 

Sementara kapasitas tempat ibadah hanya 25 persen atau 30 orang, restoran dan kafe yang menerapkan makan ditempat dibatasi sampai 25 persen atau 2 orang per meja dengan jam operasional hingga pukul 20.00.

Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 36 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua menyebutkan PPKM Level 4 pada Kabupaten dan Kota pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dilakukan  melalui pembelajaran jarak jauh dan  maksimal 25%  pendidik dan/atau tenaga kependidikan pada masingmasing satuan Pendidikan dapat melakukan kegiatan persiapan teknis (simulasi) asesmen Nasional pada tanggal 24 Agustus 2021 sampai dengan 2 September 2021.

Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan 25% (dua puluh lima persen) maksimal staf Work From Office (WFO) dengan protokol kesehatan secara ketat, namun apabila ditemukan klaster penyebaran COVID-19 maka sektor yang bersangkutan ditutup selama 5 (lima) hari. (wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE