PT Timah Tbk Raup Laba Rp 270,05 Miliar Semester Pertama 2021

Tim_Wow    •    Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:55 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

JAKARTA, www.wowbabel.com – PT Timah Tbk (TINS) membukukan laba bersih senilai Rp 270,05 miliar pada semester pertama tahun 2021. Kenaikan harga timah dunia sejak Januari-Agustus menopang perusahaan penambangan timah ini meraup untung setlah tahuan lalu terpuruk.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Timah Tbk, Wibisono dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (30/8/2021) mengatakan, peningkatan performa perusahaan ditopang oleh naiknya harga logam timah akibat menyusutnya penawaran di pasar serta adanya efisiensi yang terukur dari manajemen perseroan.

"Di pasar komoditas dunia, logam timah menjadi salah satu komoditas dengan performa terbaik di tahun 2021. Hal ini tentunya menjadi kontribusi positif terhadap pencapaian finansial perseroan," ujarnya.

Perolehan laba semester I tahun ini berkebalikan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencatatkan kerugian sebesar Rp 390,07 miliar.

Mengacu publikasi laporan keuangan perusahaan, TINS mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 27% dari Rp 8,03 triliun menjadi Rp 5,87 triliun. Namun, perolehan EBITDA meningkat menjadi Rp 1,04 triliun dari sebelumnya Rp 348 miliar.

Beban pokok penjualan dan pendapatan juga turun menjadi Rp 4,74 triliun dari tahun sebelumnya Rp 7,81 triliun. Dengan demikian, emiten bersandi TINS ini mengantongi laba bruto Rp 1,12 trilun dari sebelumnya Rp 215,70 miliar.

Dia menyebutkan bahwa perseroan terus berbenah memperbaiki kinerjanya selama semester pertama di tahun 2021 setelah tahun lalu  terpuruk.

Membaiknya performa finansial yang terus tumbuh dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya menjadi indikator bahwa perusahaan telah melangkah lebih cepat mengatasi kesulitan keuangan.

"Cemerlanganya performa finansial TINS tidak lepas dari komitmen manajemen untuk terus berbenah, sehingga pada 2 Agustus 2021 saham TINS menjadi konstituen di papan IDX30 dan LQ45 yang merupakan indeks prestisius di pasar modal tanah air," papar Wibosono. (wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL