Rapat Paripurna Kerap Molor, Disiplin Anggota DPRD Bangka Tengah Dinilai Rendah

Herdian wow    •    Selasa, 31 Agustus 2021 | 21:43 WIB
Lokal
Rapat Paripurna di Gedung DPRD Bangka Tengah.(her/wb)
Rapat Paripurna di Gedung DPRD Bangka Tengah.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Seharusnya Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memberikan contoh yang baik bagi para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

Namun sangat disayangkan kedisiplinan para anggota dewan yang terhormat tersebut sangat rendah, setiap pelaksanaan rapat paripurna selalu molor. 

Seperti yang terjadi Selasa (31/8/2021), pantauan Wowbabel di Gedung DPRD Bateng, seharusnya agenda mendengarkan pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD Perubahan Tahun 2021 di ruang rapat paripurna DPRD Bateng yang seyogyanya dijadwalkan pada pukul 09.30 WIB namun pelaksanaannya pada pukul 11.00 WIB. 

Padahal para undangan mulai dari Kajari, Wakapolres, Pabung Dandim 0413 Bangka sampai Kepala OPD, Camat sudah hadir bahkan ada beberapa Ormas yang hadir di acara tersebut.

Terlihat anggota DPRD Bateng yang masih terlihat hilir mudik bahkan ada yang datang terlambat saat sidang paripurna sudah dimulai. Lebih parah lagi ada anggota DPRD yang keluar meninggalkan ruang paripurna saat acara sedang berlangsung.

Sekretaris DPRD Bangka Tengah, Jauhari mengatakan tugas pokok pihaknya mempersiapkan tempat, berkas-berkas apa yang Anggota DPRD Bateng butuhkan.

"Mengenai perilaku kedisiplinan para anggota DPRD Bateng itu bukan domain kami karena di sana ada pimpinan dan Badan Kehormatan. Sementara kami tupoksinya lebih kepada mengeluarkan SK, mempersiapkan tempat sarana dan prasarana yang dibutuhkan para anggota dewan," ungkap Jauhari

Menurut Akademisi Rendy Hamzah, ada beberapa problem yang cukup kompleks yang terjadi pada para politisi di tingkat parlemen terutama problem tingkat kedisiplinan, problem perilaku yang tidak memberikan keteladanan.

"Seharusnya para anggota dewan mengerti dan memahami posisi mereka karena mereka dibayar dengan menggunakan uang rakyat dan sudah sepantasnya memberikan seluruh curahan energi dan pikirannya untuk rakyat apalagi dalam sidang paripurna yang merupakan rapat tertinggi sudah barang tentu harus diikuti dengan baik," tutur Rendy. 

Ia menambahkan masyarakat menaruh harapan besar kepada anggota DPRD yang sudah mereka pilih agar suara mereka bisa terwakilkan dan disuarakan.

"Masyarakat sudah menaruh amanah besar pada para anggota dewan agar betul-betul mewakili kepentingan mereka di parlemen makanya idealnya mereka harus menunjukkan perilaku yang baik yang memiliki standar moral berbeda dari masyarakat biasa," ulasnya

Sampai berita ini diturunkan Wowbabel masih berusaha menghubungkan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Bateng. (her/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE