Ini Material Konstruksi Masjid Kubah Timah yang Bakal Dibangun di Pangkalpinang

Hendri Dede PKP    •    Selasa, 07 September 2021 | 13:20 WIB
Lokal
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pangkalpinang bakal menggandeng PT Timah Tbk dalam tahap pra kontruksi pembangunan Masjid Kubah Timah di Pangkalpinang.

Hal itu untuk mengetahui perhitungan dari kebutuhan material kontruksi Masjid Kubah Timah yang rencananya akan dibangun menggunakan bahan baku timah pada kubahnya itu.

"Konsepnya yang jelasnya seperti keinginan Pak Wali itu kubah timah, jadi paling minta bantu PT Timah dalam perhitungan perencanaannya nanti," kata Kepala Dinas PU Kota Pangkalpinang, Suparlan, Selasa (7/9/2021).

Suparlan bilang bentuk dari kubah yang menggunakan material timah ini menyerupai seperti plat seng dengan sistem solder dan ukurannya menyesuaikan.

"Kalau ketebalan 3 milimeter misalnya untuk kubah hingga tertutup semuanya berapa ton kebutuhannya. Kubah timahnya itu nanti platnya saja, nanti sistem solder besaran kubah dihitung platnya berapa panjang seperti plat seng itu, kan," jelasnya.

Lokasi pembangunan masjid tersebut rencananya akan dibangun di lahan aset milik pemkot, tepatnya di sebelah GPIB Maranatha atau di sebelah Bank Sumsel Babel.

Saat ini, kata Suparlan, proyek tersebut sudah tahap pembahasan di DPRD Pangkalpinang untuk dianggarkan di tahun 2022. Nilai proyek tersebut diajukan sebesar Rp 35 miliar berasal dari APBD.

Pembangunan proyek tersebut bakal dikerjakan secara Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years, yakni dikerjakan lebih dari satu tahun anggaran pada 2022-2023.

"Sudah di ajukan untuk dianggarkan di tahun 2022, diajukan Rp 35 miliar dan dengan MK-nya sekitar Rp 38 miliar. Ya, itu fisik plus MK dan DED,"  pungkasnya. (hdd/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE