Peserta Lomba Masak di Bangka Tengah, Buat Kue dari Ikan

Herdian wow    •    Jumat, 10 September 2021 | 09:31 WIB
Lokal
Caption:  Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Bangka Tengah menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bateng serta bazar produk perikanan di Gedung Serbaguna Balai Benih Ikan (BBI) Bateng, Kamis (9/9/2021). (her/wb)
Caption: Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Bangka Tengah menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bateng serta bazar produk perikanan di Gedung Serbaguna Balai Benih Ikan (BBI) Bateng, Kamis (9/9/2021). (her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Bangka Tengah menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bateng serta bazar produk perikanan di Gedung Serbaguna Balai Benih Ikan (BBI) Bateng, Kamis (9/9/2021).

Lomba tersebut hanya diikuti enam Kecamatan di Bateng, yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Pangkalanbaru, Simpang Katis, Sungai Selan dan Namang.

"Alhamdulilah, kreatifitas dalam berinovasi di perlombaan ini sangat luar biasa dimana dengan bahan utama ikan para peserta berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan hasil masakan terbaik," ucap Wakil Bupati Herry Erfian.

Erfian melanjutkan, potensi ikan di Bateng sangat besar dan dengan inovasi makanan serba ikan ini, ia berharap agar masyarakat lebih gemar lagi mengkonsumsi ikan.

"Saya melihat potensi ikan ini luar biasa dan inovasi makanan yang diperlombakan juga bervariasi, jika selama ini yang kita lihat ikan itu hanya digoreng, lempah kuning dan lainnya, kali ini bahkan ada yang membuat brownies dan kue dari ikan," tuturnya.

"Nah dengan inovasi ini, semoga masyarakat Bateng semakin gemar mengkonsumsi Ikan dan tentunya kegiatan seperti ini akan tetap rutin kita lakukan setiap tahun," sambungnya.

Kata Erfian, potensi ikan laut maupun ikan sungai sama-sama memiliki kandungan gizi yang tinggi, untuk itu bagi masyarakat yang masih enggan mengkonsumsi ikan sungai, pihak Pemda kini telah melakukan berbagai macam sosialisasi.

"Alhamdulilah, Pemda Bateng saat ini melalui Dinas Perikanan sudah melakukan sosialisasi bagaimana meningkatkan produksi ikan air darat, seperti program ikan nila yang juga telah berhasil dilaksanakan," ungkapnya

"Terkait adanya mindset masyarakat kita yang hanya ingin mengkonsumsi ikan laut, InsyaAllah pelan-pelan akan mulai berubah, karena ikan air darat juga memiliki nilai gizi yang tinggi," lanjutnya

Ia pun berharap kegiatan ini akan mampu mendorong masyarakat Bangka Tengah akan pentingnya menkonsumsi ikan.

"Inovasi masakannya sangat kreatif dan enak dan semoga dengan kegiatan ini dapat lebih mendorong masyarakat untuk sadar akan pentingnya menkonsumsi ikan, selain dapat meningkatkan tingkat konsumsi ikan juga mendukung kedaulatan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan," harapnya. (her/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE