Bangka Masih di Level 4, Cakupan Vaksinasi di Bawah Nasional

Abeng    •    Senin, 13 September 2021 | 22:02 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Kabupaten Bangka masih dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarajat (PPKM) Level 4 meski terjadi perbaikan dalam angka postif, kematian dan bad ocupancy ratio (BOR). 

Sedangkan dalam cakupan vaksinasi, kendati angka rata-rata Provinsi Kepulauan Bangka Bekitung ada di atas rata-rata nasional, namun khusus di Bangka di bawah rata-rata nasional.

Demikian hasil evaluasi pemerintah terhadap penanganan kasus Covid-19 yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya, Senin (13/9/2021) malam.

"Kemudian 6 kabupaten/kota lainnya tetap di level 4, yaitu Banda Aceh, Bangka, Medan, Kotabaru, Palangkaraya, dan Palu," kata Airlangga

Bahkan, menurut Airlangga, ada satu kabupaten/kota turun ke level 2.

"Namun ini terus kita tetap akan dilaksanakan berbasis kepada level 4 karena kita masih menunggu jumlah vaksinasi agar bisa minimal mencapai 20%," ujarnya

"Pemerintah telah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali yang berlaku mulai hingga 20 September. Namun dari evaluasi memang ada perbaikan seperti angka positif rate, bad of ratio, dan angka kematian ada perubahan. Namun tetap ada dalam PPKM level 4 di 23 kabupaten/kota.  Untuk empat kabupaten seperti di Aceh dan Bangka di Bangka Belitung masih cukup tinggi," kata Airlangga.

Sedangkan cakupan vaksinasi Airlangga mengatakan ada 4 provinsi di luar Jawa-Bali yang angkanya di atas rata-rata nasional, salah satunya Provinsi Bangka Belitung.

"Sedangkan cakupan vaksinasi empat kabupaten/kota di bawah rata-rata nasional diantaranya Kabupaten Aceh Besar dan Bangka," ujar Airlangga.

Pada periode evaluasi, cakupan wilayah yang berada di Level 4 kembali mengalami penurunan dari 23 kab/kota menjadi 16 kabupaten/kota. (*)




MEDSOS WOWBABEL