Hari Pertama Tes SKD di Pemprov Babel, 103 Peserta Dinyatakan Gugur

Dwi H Putra    •    Selasa, 14 September 2021 | 22:38 WIB
Lokal
Pelaksanaan SKD di Pemprov Bangka Belitung.(ist)
Pelaksanaan SKD di Pemprov Bangka Belitung.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Hari pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computet Assesment Tes (CAT) di ruang lantai IV Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berlangsung untuk 200 peserta untuk empat sesi tes.

"Satu sesi sebanyak 50 peserta, di hari pertama ini ada 21 orang peserta yang tidak hadir," kata Kepala BKPSDMD Babel, Susanti di Pangkalpinang, Selasa (14/9/2021). 

"Hasilnya hari ini sebanyak 103 orang peserta dinyatakan gugur, lantaran tak memenuhi passing grade yang ditetapkan," ujarnya. 

Diketahui, dalam pelaksanaan ujian setiap peserta wajib menyertakaan syarat ujian berupa hasil Rapid Test Antigen negatif 1x24 jam dan swab PCR 2×24 jam, kemudian menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan alat thermogun, dan mencuci tangan, ketika ingin masuk ke ruang tunggu ujian. 

Selanjutnya peserta diarahkan untuk menyerahkan berkas-berkas yang wajib dibawa ke panitia seleksi, seperti kartu peserta, surat hasil negatif pemeriksaan Covid-19 dan berkas lainya. 

"Sebanyak delapan peserta tidak ikut, satu dilaporkan hasil tes Rapid Test Antigen positif Covid-19, sedangkan lainnya tidak ada keterangan," jelas Susanti. 

Susanti melanjutkan kegiatan SKD dilaksanakan setiap hari sebanyak empat sesi, dimulai pukul 08.00 wib hingga sesi terakhir dimulai pukul 15.30 WIB, yang mana peserta diwajibkan hadir satu jam sebelum ujian. 

"Terkecuali hari Jumat hanya dua sesi," jelas Susanti. 

Diakuinya peserta yang dinyatakan positif Covid-19 nantinya akan dikumpulkan dan dilaporkan ke Panitia Seleksi Aparatur Sipil Negara Nasional (Panselnas) untuk penjadwalan ulang ujian SKD.

"Nanti setelah tujuh hari pelaksaan ujian SKD, kami dapat melihat berapa peserta yang positif Covid-19 tidak dapat mengikuti ujian, akan dijadwalkan ulang melalui panselnas," tukas Susanti. 

Susanti menambahkan total peserta yang mengikuti ujian SKD Pemprov Babel berjumlah 1.548 orang peserta yang memperebutkan 113 formasi.

"Peserta ujian sebanyak 1.206 melakukan ujian di titik lokasi kantor gubernur lantai empat ini," tandasnya. 

"Sementara sisanya 342 orang peserta yang berasal dari luar Babel dapat melakukan ujian di semua lokasi sesuai mereka tentukan sendiri dilaksanakan di wilayah BKN seluruh Indonesia untuk mengikuti tes, jadi dimudahkan," pungkas Susanti. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL