Kenaikan Harga Timah Dunia Bisa Bertahan Hingga Akhir Tahun

Abeng    •    Selasa, 14 September 2021 | 09:00 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Kenaikan harga timah dunia mulai awal tahun 2021  diperkirakan akan terus bertahan hingga akhir tahun. Tidak menutup kemungkinan harga timah akan menembus rekor baru tertinggi mencapai 40.000 Dolar AS per metrik ton.

Tren harga timah tahun ini  sudah naik 68% sejak Januari. Harga terus naik mencapai 34.995 Dolar AS per ton memasuki pekan pertama Agustus 2021. Rekor harga tertinggi ini melewati puncak sebelumnya 33.600 Dolar AS per metrik ton  pada tahun 2011 lalu.

Kenaikan harga timah tidak berhenti dan mencapai rekor harga tertinggi sepanjang masa (all time high) pada 11 Agustus 2021 di 35.720 Dolar AS per ton. Rekor ini tercapai karena pasokan timah di gudang London Metal Exchange (LME) terus menurun dan hambatan produksi jadi faktor pemicunya.

Pasokan Timah menipis akibat tingkat produksi bijih timah Myanmar turun dan penurunan produksi di Indonesia sebagai salah satu negara produsen timah terbesar di dunia. China sebagai terbesar pun mengalami hambatan pasokan karena penguncian wilayah dalam upaya menekan kasus virus corona dan perawatan tahunan Yunnan Tin.

“Jika melihat dari trend semester pertama 2021, tidak menutup kemungkinan harga timah dapat bertahan hingga akhir tahun dan mungkin dapat meningkat sehingga menyentuh 40,000 Dolar AS per metrik ton,” kata Muhammad Irham Kepala Kantor ICDX Perwakilan Provinsi Bangka Belitung.

“Namun kondisi dapat tercapai dengan catatan tata niaga timah di dua bursa harus lebih disempurnakan,” tambah Irham.

Kenaikan harga timah yang saat ini berada di atas 30.000 Dolar AS per metrik ton, menurut Irham akan menarik pasokan timah ke pasar. Para produsen timah akan memaksimalkan wilayah penambangannya  untuk meningkatkan produksi.

“Melihat harga saat ini diatas USD 30,000, supply tidak akan ada masalah malah akan lebih baik dikarenakan banyak tambang dari IUP yang sebelumnya tidak ekonomis menjadi ekonomis dengan harga yang tinggi,” ujarnya.




MEDSOS WOWBABEL