28 Pengawas Awasi Tenaga Kerja dan Pembinaan di Bangka Belitung

Dwi H Putra    •    Rabu, 15 September 2021 | 22:00 WIB
Lokal
Kepala Disnaker Bangka Belitung, Elfiyana.(dok)
Kepala Disnaker Bangka Belitung, Elfiyana.(dok)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Bangka Belitung  mendapat kunjungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Barat (Babar), terkait pengawasan terhadap tenaga kerja. 

"Iya, tadi ada kunjungan dari Wakil Ketua DPRD Babar, mereka mempertanyakan kinerja pengawas dari Disnaker Babel ini," kata Kepala Disnaker Bangka Belitung, Elfiyana di Pangkalpinang, Rabu (15/9/2021). 

"Kami berterimakasih atas kunjungannya dan berharap komunikasi seperti ini dari daerah terkait peranan pengawas ini," ujarnya. 

Menurutnya, pengawas tenaga kerja yang ada di Babel sebanyak 28 orang diantaranya di Pulau Bangka sebanyak 22 orang dan Pulau Belitung ada enam orang, dalam pengawasan dan pembinaan tenaga kerja di perusahaan yang ada di seluruh daerah. 

"Kalau mediator masih ada di daerah, tapi pengawas semuanya sudah di provinsi," jelas Elfiyana. 

"Pengawas ini turun ke perusahaan jika ada permintaan dari instansi di daerah itu, jika tidak ada permintaan kami tidak bisa turun," terangnya. 

Elfiyana melanjutkan pengawasan ini tidak hanya terhadap tenaga kerja, namun pembinaan serta pengujian peralatan dan perlengkapan perusahaan. 

"Untuk tenaga kerja asing (TKA) kan izinnya dari kementerian, kami hanya mengawasi saja, mereka kan harus membayar pajak setiap tahunnya sesuai masa kontrak kerjanya," tukas Elfiyana. 

"Pengawasan TKA ini kami bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam hal ini Imigrasi, ada timnya," paparnya. 

"Saat ini TKA di Babel ada sekitar 50 orang berasal dari Cina, India dan beberapa negara tersebar di tujuh kabupaten/ kota," pungkas Elfiyana. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL