Ini Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Tim_Wow    •    Kamis, 16 September 2021 | 21:41 WIB
Hiburan
Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari.(infografik wowbabel)
Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari.(infografik wowbabel)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Kebanyakan orang biasanya mengawali hari dengan minum secangkir kopi atau teh hangat di pagi hari. Bahkan ada sebagian orang yang secara refleks langsung mengambil air dingin dalam kulkas begitu beranjak dari tempat tidur.

Kebiasaan tersebut bukan tidak baik dilakukan, sejumlah pakar dan ahli  lebih menyarankan minum air putih hangat di pagi hari. Kebiasaan sederhana ini sangat bermanfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga metabolisme dan  sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat minum air putih hangat di pagi hari : 

Meningkatkan Sirkulasi Darah 

Sirkulasi organ tubuh seperti pembuluh darah yang lancar penting agar darah dapat beredar secara efektif dalam tubuh. Sirkulasi ini berperan untuk menjaga tekanan darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

Diet yang sehat dengan minum air yang cukup berkhasiat memperlancar sirkulasi darah dan menangkal berbagai penyakit. 

Menurunkan Berat Badan 

Sebagian orang melakukan diet dengan melakukan berbagai cara, meminum air putih hangat dipagi hari juga cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Minum air putih dipagi hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga terjadi pembakaran lemak yang lebih banyak sepanjang hari.

Melancarkan Saluran Pencernaan 

Sakit perut karena gangguan pencernaan umumnya  limbah yang terperangkap di dalam usus menimbulkan konstipasi dan sakit perut.

Minum air hangat dapat membantu kontraksi usus untuk melancarkan proses pembuangan ini. Selain itu, minum air hangat mengaktifkan saluran pencernaan. Air bekerja sebagai lubrikan atau pelumas di sepanjang organ sistem pencernaan dan membantu menghidrasi dan mengeluarkan racun.

Baik untuk Gigi Berlubang

Pemilik gigi berlubang atau gigi ditambal, lebih disarankan mengonsumsi minuman hangat ketimbang dingin.

Beberapa dokter gigi biasanya menyarankan untuk mengkonsumsi air putih hangat karena dibeberapa kasus  minum air dingin dapat merusak tambalan pada gigi.

Namun, dalam mengonsumsi air putih hangat juga perlu diperhatikan suhu nya jangan terlalu ekstrem. Karena suhu yang terlalu panas dan dingin dapat merusak lapisan luar pelindung gigi.

Melancarkan Peredaran darah 

Sama seperti mandi air hangat, minum air putih hangat juga dapat melancarkan peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lebih lancar, tekanan darah lebih sehat dan risiko penyakit kardiovaskular turun.

Cerahkan Kulit

Minum air hangat tiap hari secara teratur akan dapat bantu tubuh untuk memecah timbunan lemak, lemaskan otot, serta tingkatkan aliran darah. Peningkatan pada sirkulasi darah dapat meremajakan sel-sel kulit serta menjaganya tetap bergizi.

Mengurangi Stres 

Minum air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat rileks dan meringankan stres dan rasa cemas.  Bahkan mandi atau minum air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak. Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, Anda dapat minum susu hangat untuk membantu merasa lebih tenang dan nyaman.

Mengurangi Kram Menstruasi 

Manfaat minum air hangat juga berperan dalam meredakan rasa sakit dan nyeri haid (dismenorrhea). Minum air dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam. Akibatnya, nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang. Selain itu, minum air hangat biasanya lebih baik karena dapat merelaksasi otot yang kram. Ditambah lagi konsumsi air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Mencegah Penuaan Dini 

Rutin minum air hangat setiap hari juga ampuh untuk mencegah gejala penuaan. Racun dalam tubuh memiliki efek buruk salah satunya adalah mempercepat proses penuaan.

Minum air hangat dapat mengeluarkan racun tersebut dan juga bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mengurangi Gangguan Pernafasan  karena Batuk dan Pilek 

Dengan mengkonsumsi air putih hangat dipagi hari bisa menjadi obat alami yang sangat baik untuk pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Air hangat dapat melarutkan dahak dan juga membantu untuk melegakan saluran pernapasan dan hidung yang tersumbat.

Ada banyak manfaat dari mengkonsumsi air putih hangat, namun kebiasan yang sangat mudah dilakukan ini juga bukan obat ajaib yang dapat dirasakan secara instan hasilnya. Kebiasaan sederhana ini sangat bermanfaat bagi tubuh, mulailah hari dengan mengkonsumsi air hangat dipagi hari. Bisa juga dicampurkan dengan perasaan lemon atau madu jika anda suka. Namun perlu diperhatikan pula suhunya, jangan terlalu panas saat mengkonsumsi air putih hangat karena dapat merusak lapisan luar pada gigi. 

Meskipun tidak semua artikel yang menyebutkan manfaat mengkonsumsi air putih hangat tepat. Tapi dengan mengkonsumsi air putih secukupnya setiap hari adalah saran terbaik untuk menjaga tubuh anda dari dehidrasi.(bbs/*)





MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE