1.316 PNS di Babel Selesai Sampaikan LHKPN

Dwi H Putra    •    Jumat, 17 September 2021 | 14:23 WIB
Lokal
Caption: Kepala Inspektorat Babel, Susanto di Pangkalpinang. (dwi/wb)
Caption: Kepala Inspektorat Babel, Susanto di Pangkalpinang. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pasal 4 huruf e kewajiban PNS melaporkan harta kekayaan kepada pejabat yang berwenang. 

Sesuai ketentuan seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel sebanyak 1.316 sudah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) seluruhnya atau 100 persen. 

"Alhamdulillah semua pegawai di Lingkungan Pemprov Babel sudah melaporkan harta kekayaannya," kata Kepala Inspektorat Babel, Susanto di Pangkalpinang, Jumat (17/9/2021). 

"Mudah-mudahan di tahun 2021 ini Babel bisa mempertahankan penghargaan seperti pada tahun 2020 dari KPK terkait pengeluaran LHKPN terbaik seluruh Indonesia," ujarnya. 

Susanto melanjutkan dari segi laporan di bulan Desember 2020 ada empat orang, di bulan Januari 2021 ada sebanyak 949 orang, di bulan Februari sebanyak 361 orang dan awal Maret ada dua orang. 

"Yang diawal Maret itu disebabkan karena dua laporan ini pada bulan Februari ada kesalahan," jelas Susanto. 

"Dari hasil evaluasi KPK terhadap laporan dari Babel tidak ada catatan apa pun," paparnya. 

Menurutnya, terkait LHKPN ini pihaknya pertama kali menekankan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) diawal Februari, dilanjutkan Sekretaris Daerah (Sekda) kemudian auditor di Inspektorat ini, lalu pegawai esellon II, III dan IV, selanjutnya bendahara dinas dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK). 

"Yang dilaporkan itu aset bergerak dan tidak bergerak, seperti rekening bank, kendaraan, aset lahan dan barang berharga lainnya, supaya di KPK bisa mengetahui nilai aset tersebut," tukas Susanto. 

"Contohnya tanah, tidak bergerak tapi dengan nilai jual yang berubah setiap tahunnya, terkait jumlah besaran LHKPN ini kami tidak bisa mengetahuinya semua disampaikan ke pegawai bersangkutan," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE