Ini Peran Alex Nurdin dan Mudai Madang Pada Kasus Korupsi Pembelian Gas Bumi

Tim_Wow    •    Jumat, 17 September 2021 | 08:54 WIB
Nasional
Caption: Mantan Gubernur Sumsel, Alex Nurdin.(IST/net)
Caption: Mantan Gubernur Sumsel, Alex Nurdin.(IST/net)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus telah melakukan penyidikan dan penetapan Tersangka terhadap dua orang terkait Tindak Pidana Korupsi Pembelian Gas Bumi oleh BUMD (PDPDE) Sumatera Selatan Tahun 2010-2019.

“Setelah melakukan pemeriksaan kepada Alex Nurdin (AN)dan Mudai Madang (MM), Kejasaan menetapkan AN dan MM sebagai tersangka kasus korupsi pembelian gas bumi,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak melalui Konferensi Pers, Kamis (17/09/2021).

Leonard menjelaskan peran tersangka AN selaku Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2013 dan periode 2013-2018 yang melakukan permintaan alokasi gas bagian negara dari BP Migas untuk PDPDE Sumsel. 

“Selanjutnya AN menyetujui kerjasama PDPDE Sumsel dengan PT Dika Karya  Lintas Nusa  (DKLN) membentuk PT PDPDE Gas agar bisa mendapatkan alokasi gas bagian negara,”  sebut Kapuspenkum Kejagung RI.

Sedangkan tersangka MM selaku Direktur PT DKLN merangkap sebagai Komisaris Utama dan Direktur PT PDPDE Gas telah menerima pembayaran yang tidak sah yakni fee marketing dari PT PDPDE Gas.

Kejagung pun melakukan penahanan selama 20 hari kepada tersangka untuk mempercepat penyidikan.

Leonard menambahkan kerugian negara pada kasus korupsi ini yang telah diaudit oleh badan Pemeriksaan keuangan (BPK) yakni sebesar USD 30.194.452.79 yang berasal dari hasil penerimaan penjualan gas dikurangi biaya operasional selama kurun waktu 2010 sampai 2019, yang seharusnya diterima oleh PDPDE Sumsel serta ada uang sebesar 63.750 dollar Amerika Serikat dan Rp2.131.250.000 yang merupakan setoran modal yang tidak seharusnya dibayarkan oleh PDPDE Sumsel.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung juga telah menetapkan Caca Isa Saleh S mantan Direktur Utama PDPDE Sumsel dan  A Yaniarsyah Hasan selaku Direktur PT Dika Karya Lintas Nusa (PT DKLN) sejak tahun 2009 dan juga merangkap sebagai Dirut PT PDPDE Gas sejak tahun 2014. (wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE