Upah Penggali Kubur Jenazah Covid-19 Kurang, Lurah Tanjung Akui Salah Hitung

Chairul Aprizal    •    Jumat, 17 September 2021 | 22:44 WIB
Lokal
Ilustras penggali kubur jenazah Covid-19.(net)
Ilustras penggali kubur jenazah Covid-19.(net)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Lurah Tanjung Dipa mengakui ada kesalahan menghitung upah untuk warga sebagai tim penggali kubur jenazah Covid-19 sehingga warga sempat protes mempertanyakan ternyata upah yang diterima kurang.

Sejumlah warga kemarin, Kamis (16/09/2021), diketahui mendatangi Kantor Lurah Tanjung untuk menyampaikan protes sekaligus mempertanyakan upah yang diterimanya kurang.

"Kemarin itu ada salah perhitungan tapi sudah dikembalikan sesuai yang seharusnya mereka terima, kemarin itu disangka uang makannya belum dibayar, sudah dibayar kemarin semua," kata Dipa, dikonfirmasi Jumat (17/09/2021).

Dipa menyebutkan persoalan sudah diselesaikan kemarin dan upah untuk warga per tim untuk kejadian pemakaman jenazah Covid-19 total sebesar Rp 1.410.000/kasus. 

"Satu tim itu ada yang 8 orang dan ada yang 6 orang, bukan tidak dapat upah tapi sudah dibayar cuman kurang bayar, sebelum itu mereka dibayar detailnya tidak tahu pasti karena langsung dibayar di kecamatan jadi ada selisih bayar" ujarnya.

“Sebenarnya mereka itu belum dibayar duluan cuman posisi kasihan kawan-kawan malam malam begali-gali, jadi kami bayar dulu. Jadi ngitung itulah berapa yang harus dibayar dan berapa yang dibayar, ada selisih kurang dibayar sejuta kemarin,” terang Dipa.

Warga tersebut baru menyadari bahwa upah mereka kurang saat ada sosialisasi di kecamatan terkait haknya sehingga langsung memprotes kemarin mempertanyakan langsung ke pihak kelurahan.

"Sudah dipanggil kemarin orang 6 atau 7 orang sudah saya bayar. Tidak ada dicatut langsung dibayar tunai. Kekurangan bayar sudah kita selesaikan. Saya juga sudah menjelaskan hak mereka, jadi jangan sampai terjadi fitnah,” tutur Dipa.

Awalnya pihak kelurahan menalangi lebih awal sebesar Rp 900.000/tim sehingga diakui adanya kekurangan.(rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE