Ekonomi Digital Peluang Pemulihan Ekonomi Bangka Belitung

Tim_Wow    •    Jumat, 01 Oktober 2021 | 12:34 WIB
Ekonomi
Caption: Kegiatan Babel Exlplore 2021. (IST)
Caption: Kegiatan Babel Exlplore 2021. (IST)

TANJUNGPANDAN, www.wowbabel.com --  Kepala Kantor Perwakilan  Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung Tantan Heroika  berharap ekonomi dan keuangan digital yang sedang digencarkan menjadi peluang bagi pemulihan ekonomi di Bangka Belitung.

Acara Explore Babel yang dihelat oleh BI bersama Pemprov Babel sebagai bentuk mendorong ekonomi digital ini.

Puluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang hadir dalam kegiatan Explore Babel  sudah menerapkan transaksi secara digital dan go ekspor.

"Sebanyak 54 UMKM dilibatkan dalam bazar UMKM Babel, mulai dari kategori flut, fashion dan kriya yang berorientasi ekspor," ungkap Tantan, pada pembukaan Explore Babel di Tanjung Kelayang Belitung, Rabu (29/9/2021) lalu.

"Diharapkan ekonomi dan keuangan digital dapat menjadi peluang pemulihan ekonomi di Babel," ujarnya.

Pada kesempatan pembukaan Explore Babel, Tantan menambahkan bahwa acara ini bukan hanya untuk memperkenalkan pariwisata di Belitung tetapi juga kebangkitan UMKM di Babel yang dilakukan sebagai upaya secara masif untuk mengembalikan kejayaan pariwisata dan ekonomi kreatif di negeri ini pasca pandemi. 

Explore Babel menyajikan informasi story interaksi antara para penggiat UMKM, industri kreatif, pelaku pariwisata, dunia fashion sehingga produk/jasa ekonomi Babel dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. 

Selain itu, BI juga menghadirkan ahli dan praktisi sektor pariwisata, UMKM, industri fashion dan ekonomi kreatif lainnya dalam talkshow dan webinar dalam rangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini. 

Hal ini tentunya juga, untuk terus mendorong penggunaan produk dalam negeri khususnya produk Babel.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Kegiatan Launching 4 Komoditas Unggulan Babel yaitu lada, lidi nipah, pinang dan damar. 

Di sektor pariwisata, BI juga terus memberikan dukungannya khususnya pada Unesco Global Geopark. Sementara itu, untuk Karya Wastra Babel,  BI juga melakukan kegiatan fashionshow  memperkenalkan busana lokal dari kain khas Babel dan tenun cual.

Selanjutnya, guna mendukung perluasan penggunaan pembayaran digital di ekosistem wisata menggunakan QRIS, BI juga melakukan kegiatan launching. Digitalisasi Pariwisata di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  

Pembukaan Explore Babel ini dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi dan Pimpinan Satuan Kerja Bank Indonesia Dalam dan Luar Negeri secara virtual. (wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL