Mencuri di Sepuluh Tempat, Tio Akhirnya Diringkus Polisi

Dwi H Putra    •    Rabu, 06 Oktober 2021 | 11:03 WIB
Lokal
Caption: Tio pelaku pencurian di berbagai tempat diringkus Polres Bangka. (dwi/wb)
Caption: Tio pelaku pencurian di berbagai tempat diringkus Polres Bangka. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Tio Agustiansyah (27) warga Jalan Cokro Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tak bisa berkutik ketika diringkus Tim Kelambit Polres Bangka dan Satreskrim Polsek Belinyu di tempat persembunyiannya di kawasan Batu Dinding Kecamatan Belinyu, Rabu (6/10/2021) dini hari. 

Tio merupakan resipis pelaku tindak pidana pencurian di sejumlah wilayah di Kecamatan Belinyu, Riausilip dan Bakam. 

"Barang bukti yang diamankan berupa 1 unit motor dan 1 unit TV LED 32 inci," kata Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Ayu Kusuma Ningrum, Rabu (6/10/2021) pagi. 

"Dari pengakuan tersangka sudah melakukan pencurian sebanyak 10 kali, namun baru hanya dua kasus yang dilaporkan atau ada laporan polisinya," ujarnya. 

AKP Ayu melanjutkan tersangka merupakan resipis pencurian yang melakukan sejumlah pencurian di wilayah Belinyu, Riausilip dan Bakam baik pencurian kendaraan bermotor maupun pencurian dengan pemberatan. 

Penangkapan Tio setelah Tim Kelambit Buser Polres Bangka mendapatkan informasi tentang keberadaannya di Kecamatan Belinyu, dibawah pimpinan Aipda Nanang dibantu Tim Opsnal Polsek Belinyu dipimpin Ipda Dana, akhirnya tersangka berhasil dibekuk di kediaman keluarganya tanpa perlawanan.

Namun awalnya Tio membantah melakukan pencurian, setelah diinterogasi dan ditunjukan barang bukti tersangka pun mengaku melakukan pencurian 1 unit sepeda motor di Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu, mencuri 1 set mesin pompa tambang dan 1 kompresor di Pelabuhan Batu Dinding, mencuri TV LED 32 inchi di di Padang Lalang Belinyu (tidak ada LP), melakukan pencurian minyak dan HP disejumlah camp tambang di Riausilip.

"Banyak kasus pencurian aksi tersangka tidak dilaporkan, karena nilai kerugiannya tidak besar, namun tetap kami lakukan pengembangan," jelas AKP Ayu.

Sementara itu, Tio mengaku modus yang dilakukan biasanya pada malam hari, menggunakan sepeda motor pinjaman berkeling mencari sasaran. 

"Mulai dari minyak solar di camp tambang baik di wilayah Kecamatan Belinyu maupun di Riausilip, hingga barang barang elektronik dan motor," aku Tio. 

Tio juga mengaku kerap beroperasi seorang diri, namun di beberapa lokasi dilakukan dengan rekannya yang saat ini menjalani hukuman penjara. 

"Biasanya usai dapat uang hasil menjual barang curian beli narkoba dan bayar utang, terus sembunyi beberapa waktu," terangnya. 

"Saya tau dicari polisi, makanya memilih sembunyi dengan berpindah-pindah. Baik menumpang di rumah keluarga maupun rumah kawan di Belinyu, Sungaliat dan Bakam," pungkas Tio. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE