Harga Timah Sudah Berada di Rekor Tertinggi

Tim_Wow    •    Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:54 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com –- Reli harga timah di pasar logam terus berlanjut. Pada penutupan pasar, Senin (11/10/2021), harga timah di pasar London sudah mendekati rekor harga tertinggi sepanjang masa di level US$36.780 per metrik ton. 

Harga logam dasar di London Metal Exchange (LME) sebagian besar diperdagangkan lebih tinggi pada penutupan pada Senin (11/10/2021) bersamaan dengan koferensi LME Week. Timah tiga bulan ditutup dengan US$36.632 per ton atau naik 1,9% dari harga sehari sebelumnya.

“Harga timah menunjukkan stabilitas yang lebih tinggi untuk menarik lebih banyak investasi untuk produksi lebih lanjut,” kata  Tom Mulqueen Kepala Penelitian di Amalgamated Metal Trading, Selasa (12/10/2021).

Hal yang sama terjadi dengan harga logam dasar Shanghai Futures Exchange (SHFE) yang dibuka lebih tinggi pada Selasa pagi di tengah perpanjangan penjatahan listrik.

Pada penutupan pasar Senin malam. Tembaga naik 1,07%, aluminium naik 2,21%, seng dengan kenaikan  1,88%, dan timbal turun 0,64%.Untuk harga  timah di SHFE ditutup di atas 280.000 yuan metrik ton, dengan bunga terbuka turun lebih dari 2.000 lot. 

“Pasokan timah ke pasar masih terbatas. Output timah batangan pada bulan September diperkirakan turun 5% MoM, tetapi output pada bulan Oktober diperkirakan akan meningkat sebesar 11% MoM,” kata analis Shanghai Meteal Markets. 

Sedikit penurunan output pada bulan September menyebabkan pasokan pasar yang ketat sebelum dan sesudah Hari Nasional. Namun, karena output di bulan Oktober mungkin tumbuh, perlu diperhatikan apakah permintaan hilir dapat menyamai output yang lebih tinggi di masa depan. (wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE