Harga Timah Bertahan di Jalur Tertinggi

Tim_Wow    •    Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:22 WIB
Ekonomi
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www. wowbabel.com – Harga timah dunia masih bertahan di level tertinggi. Pada penutupan pasar Rabu (13/10/2021), harga timah di London Metal Exchange (LME) ditutup 35.445 Dolar AS per metrik ton.  

Sebaliknya dipasar Shanghai harga timah turun 1,38% dari rekor harga tertinggi. Timah SHFE  ditutup turun 3.860 Yuan pada 275.880 yuan per metrik ton, dengan open interest naik 440 lot menjadi 28171 lot.

Secara fundamental, stok timah di pasar kembali ketat. Pasokan pada bulan Oktober kemungkinan akan meningkat di tengah peningkatan produksi smelter setelah impor dan ekspor telah dibuka. 

Dari sisi permintaan, banyak perusahaan solder dan elektronik hilir yang masih terkena penjatahan listrik. Pasokan diperkirakan tetap mencukupi, dan penjatahan daya tetap menjadi fokus. 

Harga timah dunia di pasar global diperkirakan tetap berada di level tertinggi dalam waktu dekat. Mulai pulihnya produksi di beberapa negara penghasil timah dalam jangka pendek tidak akan membuat harga berfluktuasi tajam. 

“Secara umum, harga timah kemungkinan akan tetap pada level yang tinggi karena permintaan dan penawaran akan menjaga keseimbangan yang dinamis di masa depan,” demikian keterangan Survei Shanghai Metals Market (SMM) yang dirilis, Rabu (13/10/2021).

Harga timah bertahan di level tertinggi dilihat dari  sisi permintaan akan timah di industri hilir meningkat signifikan di tengah penurunan harga timah belakangan ini. Di sisi lain, industri fotovoltaik telah menunjukkan lebih banyak permintaan untuk solder timah, dan sektor ini kemungkinan akan lebih berkembang karena pasokan listrik yang ketat setelah harga batu bara melonjak. 

“Permintaan timah solder, yang menempati porsi besar dari total permintaan, kemungkinan besar juga akan meningkat,” kata laporan itu. (*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE