Proyek Kolam Retensi Sungai Muntok Capai 40 Persen, Ditemukan Cor Tak Padat

Chairul Aprizal    •    Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:41 WIB
Lokal
Caption: Proses pembangunan Kolam Retensi Sungai Muntok. (rul/wb)
Caption: Proses pembangunan Kolam Retensi Sungai Muntok. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Proyek pembangunan bendungan Kolam Retensi Kawasan Sungai Kampung Ulu di  Kecamatan Muntok, Bangka Barat saat ini sedang berlangsung.

Proyek tersebut dibangun di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan anggaran belasan miliar rupiah dan digarap oleh PT Hersa Sukses Mandiri. Dalam proses pembangunannya ditemukan muatan cor beton yang tidak padat.

Menurut penanggung jawab PT Hersa Sukses Mandiri, Danil Susanto, bahan cor yang tidak rata dan kurang padat itu lantaran memang terjadi deviasi namun dipastikan tidak akan mempengaruhi kekuatan bangunan.

"Sejauh ini progres kita itu sudah mencapai 40 persen, kita masih mengupayakan untuk selesai sesuai waktu yang direncanakan," ungkap Danil saat ditemui awak media, Selasa (12/10/2021).

Danil menjelaskan, proses terus berjalan dan masih belum terlambat untuk menyelesaikannya karena masa kontraknya hingga 16 November 2021 mendatang.

"Iya masih satu bulan lebih ya, kita kontrak mulai dari bulan Maret sesuai yang di itu (papan proyek-red)," imbuh Danil.

Dalam papan proyek Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disampaikan tanggal kontrak 22 Maret 2021 dengan nilai Rp 12.044.432.000 menggunakan APBD dengan masa pelaksanaan 240 hari kalender, pelaksana PT Hersa Sukses Mandiri dan Konsultan Supervisi CV Archer 3 Consultan.

Diakui Danil Susanto, cor beton yang tidak padat itu disebabkan beberapa kendala pada masalah produksi.

"Artinya kita masuk masa percepatan untuk mengejar keterlambatan, memang ada deviasi sekitar minus di angka empat puluh sembilan persenan kemarin, kita coba kejar deviasi itu," terangnya.

Danil menuturkan untuk beberapa cor yang tidak padat ini akan diperbaiki terlebih dahulu baru bisa digunakan.  Karena melakukan percepatan sehingga umur beton ada beberapa yang dicampur dengan obat.

"Enggak sih, itukan kualitasnya sesuai dengan ada yang dikontrak, masih memenuhi standar K 350 jadi enggak masalah," tutur Danil.

Beberapa beton cor yang tidak padat itu nantinya akan diperuntukkan untuk sisi sayap bendungan Kolam Retensi Sungai Muntok.

"Bukan penahan fungsinya, cuman untuk sayap dinding sungai, dia bukan struktur," tutup Danil. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE