Sehari Dinobatkan, Bunda Germas Kunjungi Bangka Selatan

ADVERTORIAL    •    Rabu, 13 Oktober 2021 | 23:44 WIB
Lokal
Bunda Germas, Melati Erzaldi.(ist)
Bunda Germas, Melati Erzaldi.(ist)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Baru sehari dinobatkan sebagai Bunda Germas, Melati Erzaldi langsung melakukan aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan memberikan edukasi dan sosialisasi dalam Kegiatan Penggerakan Germas Berkala Berkesinambungan di Semua Tatanan Tahun 2021 Selasa (12/10/2021). 

Bertempat di Hotel Marina, Melati Erzaldi memberikan materi kepada masyarakat Bangka Selatan dengan mengangkat tema 'Pengenalan Membangun Daerah dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat'.

"Sebagai langkah awal membumikan masyarakat sehat, mulailah dari diri sendiri. Jadilah contoh berperilaku hidup sehat dan tularkan kepada anggota keluarga serta orang-orang disekitar kita," ujar Bunda Germas saat mengawali paparannya. 

Hal ini dikatakannya sesuai dengan tagline Germas yakni 'Sehat mulai dari saya". Kesehatan pada dasarnya adalah faktor dan modal utama untuk membangun bangsa. Inpidu dengan derajat kesehatan yang tinggi akan menjadi manusia yang produktif dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa," tambahnya.

Di hadapan peserta, Bunda Germas menuturkan bahwa selain memiliki fungsi sebagai tokoh sentral di dalam keluarga, kata 'Bunda' merupakan akronim dari 'Membangun Daerah' melalui Germas yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Tanggung jawab membangun daerah menjadi bagian dari setiap orang, oleh karena itu pemerintah meminta semua komponen untuk menjadi duta Germas dimanapun berada. Jadi, sangat tepat bila PKK menjadi salah satu wadah yang melakukan pembinaan dari lini terkecil yakni keluarga untuk membudayakan Germas dan PHBS," tuturnya.

Sosialisasi dan edukasi Germas terhadap masyarakat menurut Istri orang nomor satu di Babel ini, harus dilakukan secara masif mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum menerapkan pola hidup sehat dan bersih. 

"Kata 'Germas' sudah lama digaungkan tapi seolah hanya dijadikan tagline saja. Kenapa? Karena masih banyak kita temui masyarakat yang belum paham bagaimana pentingnya hidup sehat. Padahal itu menjadi tameng yang berdampak pada terjaganya kesehatan, meningkatnya produktivitas, biaya berobat berkurang, dan terciptanya lingkungan yang bersih," ungkapnya.

"Karena itu, saya mengajak semua komponen masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan untuk dapat meningkatkan kegiatan Germas," lanjutnya.

Sementara itu, saat membuka kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi mengatakan, untuk bisa survive selama masa pandemi saat ini adalah dengan perubahan perilaku. Jadi, sehat itu ditentukan utamanya dimulai dari lingkungan yang sehat, perilaku, pelayanan kesehatan dan terakhir adalah faktor keturunan. 

"Mau tidak mau, kita harus bergotong royong dan berkomitmen dalam hal menerapkan perubahan perilaku sehat. Germas itu arahnya kesana," ungkapnya.

“Budaya hidup bersih dan menjaga kesehatan adalah ikhtiar dalam menangkal berbagai jenis penyakit. Jadi, mari kita praktikkan pola hidup sehat sehari-hari dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin setiap hari. Caranya, ajak keluarga untuk rutin berolahraga. Kemudian budayakan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari dan jangan lupa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali," pungkasnya.

Adapun jadwal Kegiatan Penggerakan Germas Berkala Berkesinambungan di Semua Tatanan Tahun 2021 selanjutnya dilaksanakan pada esok hari, Rabu, 13 Oktober 2021 di Kabupaten Bangka. Selanjutnya tanggal 14 Oktober 2021 dilaksanakan di Kabupaten Bangka Barat, kemudian pada tanggal 20-21 Oktober mendatang akan dilksanakan di Pulau Belitung.(adv/*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE