Suhu Kota Pangkalpinang Capai 34 Derajat Celcius, Ini Penyebabnya

Firman    •    Rabu, 13 Oktober 2021 | 23:47 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

PANGKAPINANG,www.wowbabel.com  --  Sebagian besar masyarakat di sejumlah wilayah Provinsi Bangka Belitung mengeluhkan kondisi cuaca yang terasa panas berapa hari belakangan.

Cuaca panas itu terjadi, tidak hanya pada siang hari, namun juga terjadi di malam hari yang membuat masyarakat merasakan gerah dan berkeringat berlebihan.

Menurut informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, cuaca panas yang terjadi itu akibat kurangnya curah hujan.

"Ketika sudah mulai jarang hujan, maka kelembapan udara akan semakin rendah dan sebaliknya tentu suhu akan terasa lebih tinggi oleh kita," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji, Rabu (13/10/2021).

Kurniaji juga menyampaikan, penyebab panasnya saat ini adalah pasokan massa udara basah di wilayah Bangka Belitung khususnya semakin sedikit.

"Pasokan massa udara basah semakin sedikit, dan mengingat anginnya yang ada saat ini masih mendominasi Monsoon Tenggara dari daratan Australia yang sifatnya kering dan panas," terang Kurniaji.

"Potensi hujan masih ada, ini terbukti dengan prakiraan dini cuaca ekstrim (PDCE) yang  masih kami sampaikan ke masyarakat sampai hari ini, ketika ada informasi PDCE berarti ada potensi hujan yang terpantau di radar cuaca kami,"  kata Kurniaji.

Ia juga menyebutkan, prakiraan suhu maksimum di wilayah Babel untuk seminggu atau 10 hari kedepan masih pada rentang 30-32 derajat celcius, disebabkan masih ada potensi hujan pada periode tersebut.

"Untuk suhu tertinggi tercatat dalam periode 3 hari terakhir khususnya wilayah Pangkapinang, adalah 34 derajat celcius, sedangkan ini masih sama prakiraannya masih antara 31-32 dan maksimal 33," katanya.

"Karena untuk besok dan 2 hari kedepan masih ada peluang hujan ringan hingga sedang terutama pada siang hari," ujar Kurniaji.(fn/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE