Persediaan Terbatas, Harga Timah Masih Teratas

Tim_Wow    •    Senin, 18 Oktober 2021 | 11:29 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com –- Memasuki awal pekan, harga berbagai logam di pasar dunia masih berada di level harga tertinggi. Tak terecuali harga timah.

Persedian barang di pasar yang terbatas membuat harga timah bertahan di rekor tertinggi sepanjang masa.

Harga logam di London Metal Exchange (LME)  melaju lebih tinggi dalam perdagangan Jumat lalu. Pada sesi pembukaan Senin (18/10/2021) harga logam bervariasi dengan harga timah masih berada diharga tertinggi.  

Timah untuk tiga bulan di LME berada di atas  US$37.500  per metrik ton setelah naik 1,9% dari harga sehari sebelumnya. Kenaikan harga timah sekaligus membuat rekor baru yang dibuat pada Kamis (14/19/2021) yaitu US$37.248 per metrik ton.

Demikian juga di pasar Shanghai Futures Exchange (SHFE) harga ditutup lebih tinggi. Timah di SHFE naik pada sesi Jumat malam ditutup pada sekitar 284.000 yuan metrik ton. Pasokan spot terbatas dan persediaan pasar berada pada tingkat yang rendah, pasokan kemungkinan akan tumbuh dan permintaan dipengaruhi oleh penjatahan listrik di Cina. 

Pasokan yang ketat telah membuat harga tetap tinggi, tetapi resistensi teknis tumbuh karena harga mendekati level tinggi. Kontrak timah SHFE yang paling banyak diperdagangkan diperkirakan akan menembus 289.300 yuan per metrik ton pada hari Senin.

Timah, yang digunakan dalam industri elektonik dan smartphone, mencapai titik tertinggi sepanjang masa. Kebutuhan akan timah akan meningkat sehingga diperkirakan pada anlis pasar harga terus meningkat.

"Lonjakan harga logam mungkin berlanjut minggu depan karena krisis energi global yang sedang berkembang telah memaksa banyak produsen untuk mengurangi produksi," kata analis Oanda Edward Moya kepada AFP.

Sementara harga yang tidak terkendali memicu tekanan inflasi pada komuditas  logam dan menjadi hambatan bagi pemulihan ekonomi global," tambahnya. (wb)



MEDSOS WOWBABEL