Harga Timah Melambung Tinggi Bikin Rekor Baru Lagi

Tim_Wow    •    Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:46 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Harga timah dunia memeprpanjang kenaikan, bahkan menciptakan rekor baru harga tertinggi sepanjang masa. Timah kontrak tiga bulan di London Metal Exchange (LME) US$38.250 per metrik ton pada penutupan Senin (18/10/2021) malam.

“Timah diperdagangkan pada tingkat kelangkaan dan kemungkinan akan terus berlanjut selama tiga hingga enam bulan ke depan,” kata  Tom Mulqueen, Kepala Penelitian di LME AMT pasa seminar LME Week pekan lalu.

Kenaikan harga timah yang makin tinggi menjadi perhatian para analis. Beberapa analis yang meliput pasar timah menilai timah menjadi yang terliar sepanjang tahun ini. 

 “Harga logam timah untuk kontrak tiga bulan LME memperpanjang kenaikannya ke level tertinggi sepanjang masa di US$38.249 per ton pada hari Senin,” ujarnya.

Spread timah tunai ke tiga bulan ditutup pada hari Jumat dengan selisih US$1.250 per ton, yang menjadi luar biasa di setiap tahun tetapi ini setelah mencapai US$6.500 pada bulan Februari.

“Inventaris brang di pasar sangat rendah,  stok bergaransi di LME hanya 255 ton  telah membatasi kemampuan pasar untuk menyerap  kondisi pasokan yang terguncang,” kata Mulqueen kepada Seminar LME.

Masalah pasokan timah terjadi dalam dua tahun ini, mulai dari wabah baru virus Corona hingga kekurangan listrik di Cina dan Eropa dan sektor pelayaran global yang tidak berfungsi telah membatasi produskti maupun tranportasi barang ke pasar.

“LME Week sering kali bisa menjadi kesempatan yang luar biasa untuk perdagangan logam global yang hebat dan baik. Tahun ini adalah pasar yang menjadi liar. Dan seperti yang ditunjukkan oleh timah, bisa tetap liar untuk waktu yang lama sebelum kondisi normal kembali,” tulis Reuters. (wb)



MEDSOS WOWBABEL