Berdayakan Perempuan Melalui Sekuntum Melati, Istri Gubernur Babel Berbagi Inspirasi Melalui Womenpreneurs Talk

ADVERTORIAL    •    Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:08 WIB
Lokal
Caption: Istri Gubernur Bangka Belitung (Babel) sekaligus Direktur Regional Indonesia Council for Small Business (ICSB) Melati Erzaldi hadir menginspirasi para perempuan melalui Womenpreneurs Talk Episode 2, Selasa (19/10/2021). (IST)
Caption: Istri Gubernur Bangka Belitung (Babel) sekaligus Direktur Regional Indonesia Council for Small Business (ICSB) Melati Erzaldi hadir menginspirasi para perempuan melalui Womenpreneurs Talk Episode 2, Selasa (19/10/2021). (IST)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sukses dengan Sekolah untuk Perempuan Jadi Mandiri Terlatih (Sekuntum Melati) di Bangka Belitung, Istri Gubernur Bangka Belitung (Babel) sekaligus Direktur Regional Indonesia Council for Small Business (ICSB) Melati Erzaldi hadir menginspirasi para perempuan melalui Womenpreneurs Talk Episode 2, Selasa (19/10/2021).

ICSB adalah suatu platform kewirausahaan wanita, yang bertujuan untuk mengedukasi, mengembangkan, dan menginspirasi wirausaha wanita khususnya di Indonesia untuk lebih berdaya memberdayakan secara profesional, sehingga akan berdampak pada perekonomian.

Pada kesempatan ini, Melati Erzaldi berkesempatan menjadi narasumber dalam live streaming di website 1000 womenpreneurs.id  bersama dengan Director ICSB Womenpreneurs Indonesia Secretary General ICSB, Diah Yusuf sebagai host.

Sebelum obrolan dimulai, diputarkan video yang menunjukkan keindahan alam dan kebudayaan dari Bangka Belitung. Video ini sukses membuat kagum peserta yang hadir.

Tidak hanya kagum pada keindahan alam, host Diah Yusuf juga kagum kepada Istri Gubernur Babel ini yang sangat berperan aktif dalam pengembangan kewirausahaan di Bangka Belitung. Bahkan hingga memperoleh berbagai penghargaan.

“Ibu Melati sangat luar biasa, banyak sekali kesibukan beliau dan berbagai penghargaannya. Bisa diceritakan Ibu alasan kenapa begitu bersemangat dalam pengembangan kewirausahaan terutama kewirausahaan wanita” ungkapnya

Melati Erzaldi mengungkapkan bahwa keinginan ini awal mulanya telah ada sejak Gubernur Erzaldi masih menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah, pada saat itu Ia melihat bahwa produk UMKM di Babel sudah semakin maju namun masih terdapat kelemahan lain seperti dalam pengemasan dan manajemen.

“Ketika saya turun untuk melihat secara langsung produk UMKM ini, ternyata rata-rata pelaku UMKM itu perempuan, dan memang UMKM ini pendorong ekonomi yang krusial di daerah kita,” ungkapnya

Jika dikatakan bahwa perempuan mempunyai peran besar dalam penggerakkan ekonomi daerah, dan memang ternyata terbukti. Hal inilah menjadi awal mula semangat Melati.

“Perempuan menjadi suatu karakter, dia harus berpikir keras menciptakan ekonomi keluarga yang tadinya hanya hobi kini bisa menjadi usaha,” ungkapnya

Bercerita tentang alasannya menciptakan Sekuntum Melati, latar belakangnya adalah melihat tingkat KDRT dan stunting yang cukup tinggi di Babel. Dari permasalahan ini, perempuan dikumpulkan dengan misi berdaya secara ekonomi dan sosial.

Melati Erzaldi menjelaskan bahwa terbukti, dalam waktu 3 bulan para perempuan Sekuntum Melati berhasil menunjukkan dirinya. Mereka membuat produk-produk dengan bahan-bahan berpotensi yang ada di desanya. 

Menurut Istri Gubernur Babel ini, menjadi pengusaha perempuan bukan hanya sekedar menjadi pengusaha. Lebih dari itu, perempuan itu multirole. 

“Ketika temen-temen pengusaha itu adalah multirole maka mereka harus didampingi atau kolaborasi dengan mentor, karena ini tidak bisa sendiri. Jika sendiri tidak akan jalan, maka sekolah ini hadir sebagai pendamping,” ungkapnya.

Ditanya soal siapa sosok yang menginspirasi Melati Erzaldi selama ini, Beliau menjawab bahwa sosok Kartinilah yang menginspirasinya. Menurutnya, sosok Kartini yang sederhana saja mampu, maka kita yang sudah semakin maju ini, harus lebih baik.

Host Diah menanyakan tips sebagai Ibu Gubernur dalam menghadapi suatu kegagalan.

“Saya menjalani proses hingga di tahap Istri Gubernur ini semuanya adalah learning by doing, termasuk menghadapi kegagalan. Terkadang ada banyak hal yang tidak bisa kamu kontrol, kita harus ingat masih ada maha besar Allah. Saya banyak membaca buku dan belajar dari oranglain,” ungkap Istri orang nomor satu di Babel ini.

Selain itu, Melati juga mengungkapkan pentingnya kolaborasi mulai dari yang tua hingga muda. 

“ICSB ini menjadi suatu lingkungan positif yang bisa mendorong temen-temen  pengusaha wanita untuk bisa bergerak lebih baik lagi. Pertama modalnya adalah semangat dulu, dengan semangat inovasinya akan muncul, "pungkasnya. (adv/*)



MEDSOS WOWBABEL