Bulan Depan Polda Babel Uji Coba Tilang Elektronik

Firman    •    Senin, 25 Oktober 2021 | 22:20 WIB
Lokal
Kasat PJR Ditlantas Polda Bangka Belitung, Kompol Deddy Dwitya Putra.(fn/wb)
Kasat PJR Ditlantas Polda Bangka Belitung, Kompol Deddy Dwitya Putra.(fn/wb)

PANGKAPINANG,www.wowbabel.com -- Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung akan melakukan uji coba penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di beberapa titik lampu merah di wilayah Kota Pangkalpinang.

Pemasangan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik tersebut berada di empat titik, yakni Simpang Rumah Makan Adok atau arah Kantor Gubernur Babel, Simpang 4 Semabung, Simpang 4 Ramayana, dan juga Simpang 4 Gedung PT Timah Tbk. 

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Babel Kombes (Pol) Hindarsono melalui Kasat PJR Kompol Deddy Dwitya Putra mengatakan pihaknya telah mempersiapkan kamera Etle yang akan dipasangkan dibeberapa titik di Kota Pangkalpinang.

"Untuk saat ini kita sudah monitor dan telah dilakukan lelang kamera serta alatnya. Insya Allah akhir bulan atau pun awal bulan ini sudah ditandatangani kontrak dengan Dinas Perhubungan ataupun instansi terkait lainnya," ungkap Dedy Dwitya Putra, Senin (25/10/2021).

Dedy berharap dengan sudah dilakukannya penandatanganan kontrak ini, mudah-mudahan bulan ini juga akan langsung dipasang peralatannya. 

"Jadi buat masyarakat khususnya pengguna roda dua, roda empat maupun roda enam, agar selalu mematuhi peraturan lalulintas. Jangan sampai nanti setelah pelaksanaan pemasangan dan uji coba teman-teman ataupun masyarakat tertangkap kamera Etle karena melanggar lalulintas," imbaunya. 

Selain itu disampaikannya, kamera Etle ini nantinya akan bekerja selama 24 jam memantau khususnya kendaraan yang memakai kaca depan 60 persen untuk malam hari serta bisa ditembus kamera Etle. 

"Nanti kamera Etle ini akan bekerja 24 jam, jadi misalnya ada kendaraan yang melanggar lalulintas seperti tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman, menggunakan handphone saat berkendara, tidak memakai helm dan menerobos lampu merah dan pelanggaran lainya akan terekam di kamera Elte tersebut," tuturnya. 

Kompol Deddy Dwitya Putra  juga menyampaikan pihaknya akan memberikan sosialisasi sebelum dipasang kamera Etle tersebut, baik melalui media sosial spanduk bahkan Polres jajaran juga sudah disosialisasikan. 

"Nanti akan kami sosialisasi lagi terkait titik mana saja dan poin mana saja yang akan kita pasang kamera Etle itu. Sehingga nantinya masyarakat khususnya Bangka Belitung ataupun daerah luar sudah mengatahui dan tidak kaget lagi ketika masuk ke Kota Pangkalpinang melihat ada kamer Etla di empat titik tersebut," tukasnya.(fn/wb) 



MEDSOS WOWBABEL