Rio Setiady: DPRD Dorong Pariwisata Halal di Pangkalpinang

Hendri Dede PKP    •    Senin, 25 Oktober 2021 | 11:28 WIB
Lokal
Caption: Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady. (hdd/wb)
Caption: Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady. (hdd/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com --  Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady menyebutkan legislatif sangat mendukung adanya pengembangan pariwisata halal di Kota Pangkalpinang.

"DPRD sangat mendukung Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam membangun pariwisata dengan konsep halal," ujarnya, Senin (24/10/2021) malam.

Menurut Rio, pengembangan wisata halal ini akan sejalan dengan mayoritas masyarakat Pangkalpinang yang memang menginginkan hal tersebut. 

"Potensi itu ada di Kota Pangkalpinang, kita punya Kampung Melayu, kita pun punya akar sejarah Kerajaan Islam yang pernah menguasai Pangkalpinang dan sekitarnya, dan budaya Melayu yang masih sangat kental," kata dia.

Di beberapa daerah konsep pariwisata halal ini, menurut Rio, sudah mulai digarap dengan serius, apalagi dengan semakin banyaknya potensi wisatawan yang akan masuk ke Kota Pangkalpinang.

"Dengan menurunnya angka pandemi Corona, ini bisa menjadi alternatif kunjungan wisatawan," katanya.

"Pemerintah kota bisa menggandeng Majelis Ulama Indonesia, Dewan Masjid Indonesia, ormas-ormas Islam, dan kelompok sadar wisata yang nantinya membentuk semacam inkubasi wisata halal," lanjut dia.

Dijelaskannya, mulai dari Perayaan Maulud, HUT Kota Pangkalpinang, Nganggung hingga takbir keliling ini, kata Rio, merupakan potensi di dalam event wisata yang melekat pada acara keagamaan di Bangka Belitung, secara umum termasuk di Kota Pangkalpinang.

"Kami di DPRD siap memberikan sumbangsih pemikiran ataupun dukungan jika Pemerintah Kota berani untuk melaksanakannya, yang penting sejalan dengan RPJMD Pemerintahan Molen Sopian," ujar Rio. (hdd/wb)



MEDSOS WOWBABEL