Memahami Lebih Dalam Mindful Eating dan Manfaatnya untuk Tubuh

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:18 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Secara tidak sadar, beberapa orang seringkali tidak mampu mengontrol dirinya sendiri saat melihat makanan yang ada di depan mata. Tak jarang, mereka juga berusaha menghabiskan makanan padahal kondisi perut sudah kenyang dan tidak bisa lagi menampung makanan.

Jika terus dilakukan, kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, contohnya obesitas. Lalu, apakah ada cara untuk mengatasinya? Tentu saja. Caranya dengan menerapkan mindful eating.

Apakah Mindful Eating Itu?

Mungkin banyak yang belum paham apa sebenarnya maksud dari mindful eating. Mindful eating adalah pola makan yang melibatkan kesadaran secara penuh.

Pernahkah kamu merasa ketika sedang tidak tahu apa yang harus dilakukan, tak sedikit orang yang memilih untuk makan. Beberapa menganggap kalau makan bisa membantu memuaskan kebutuhan emosional mereka.

Alih-alih merasa kenyang, kebiasaan ini justru sangat tidak sehat, apalagi jika dilakukan secara berkala. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan konsep mindful eating dalam kehidupan sehari-hari.

Secara garis besar, mindful eating bukan hanya mengajak kita menyadari makanan apa saja yang masuk ke dalam perut, akan tetapi mengajarkan bagaimana untuk menikmati setiap proses dalam menikmati setiap makanan, sampai akhirnya kita merasa puas setelah mencicipi makanan tersebut.

Apabila konsep mindful eating ini terus dilakukan, kebiasaanmu yang kerap kali mengonsumsi makanan secara berlebihan disinyalir akan mulai menghilang secara pelan-pelan.

Bagaimana Cara Melakukan Mindful Eating?

Kamu mulai tertarik untuk mulai menerapkan mindful eating? Saat awal melakukannya, mungkin kamu akan merasakan kesulitan, khususnya saat menerapkan pola makan.

Tapi, seiring berjalannya waktu, kita akan terbiasa dan menikmati setiap proses yang ada.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE