Harga Timah dan Logam Mulai Berguguran

Tim_Wow    •    Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:32 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

PANGKALPINANG, wowbabel.com -- Harga timah bersama logam dasar di pasar komoditas dunia mulai turun. Tren harga logam turun sejak pembukaan pasar awal pekan ini setalah pekan sebelumnya semua logam  naik menembus harga tertinggi.

Di pasar Shanghai, logam dasar  turun pada Rabu (27/10/2021) pagi setelah dolar AS mencapai level tertinggi baru sejak 18 Oktober. Sementara itu,  di LME  (London Metal Exchange) semuanya bergerak lebih fluktuatif, terutama harga timah yang sehari sbelumnya turun di US$37.400 per metrik ton debgan ketersedian barang yang rendah.

Logam dasar LME semuanya ditutup melemah pada perdagangan Selasa. Tembaga turun 0,82%, aluminium turun 2,23%, dan timbal turun 0,82%. Kondisi yang sama juga terjadi di Shanghai, logam dasar SHFE jatuh di seluruh papan dalam perdagangan semalam. Tembaga turun 0,73%, aluminium turun 2,47%, timbal turun 0,75%, dan nikel turun 1,12%.

Laporan Shanghai Metal Markets (SMM)  menyebutkan kontrak timah SHFE  bergerak dalam kisaran yang sempit. Persediaan pasar masih rendah dan tidak ada tanda-tanda akumulasi persediaan yang jelas. 

"Penjatahan listrik telah memicu ekspektasi penawaran dan permintaan yang lebih lemah. China telah mempertahankan ekspor bersih ingot timah. Pasokan dan permintaan saat ini sebagian besar tetap seimbang, sementara permintaan jangka panjang akan tetap kuat karena dampak penjatahan listrik melemah," ujar analis pasar SMM.

Tren harga timah dalam  jangka pendek menurut perkiraan SMM kemungkinan akan tetap fluktuatif. Dalam jangka panjang, harga akan tetap bullish karena permintaan membaik setelah dampak penjatahan listrik teratasi. (wb)



MEDSOS WOWBABEL