Begini Cara Merawat Rambut Sehat untuk Hijabers

Tim_Wow    •    Senin, 01 November 2021 | 18:22 WIB
Hiburan
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Memakai hijab tidak akan jadi jaminan rambutmu akan tetap sehat. Dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang maksimal agar rambut tetap sehat dan terawat.

Meskipun kelihatannya rambut hijabers tidak akan langsung terkena panas dan polusi udara, akan tetapi jika tidak dirawat dengan baik, rambut akan menjadi rusak dan tidak terawat.

Oleh karena itu, untuk merawatnya dibutuhkan beberapa trik tersendiri. Apa saja?

Berikut ini cara yang bisa seorang hijabers lakukan dalam merawat rambut agar tetap sehat dan terawat. Berikut ulasannya:

? Lepas Hijab Setelah Tiba di Rumah

Cara termudah untuk merawat rambut bagi hijabers adalah melepas hijab begitu ia tiba di rumah. Setelah seharian beraktivitas, rambut pasti akan lepek. Oleh karena itu, lepaskanlah hijab begitupun dengan ikat rambutmu. Biarkan rambut kembali mendapati udara bebas, setelah seharian tertutup hijab.

? Selalu Menyisir Rambut

Apabila keramas, selalu sisir rambut begitu selesai. Kamu bisa memilih sisir yang bergigi jarang dan lebar (wide-tooth). Sisir jenis ini biasanya berfungsi untuk meluruskan kembali rambut yang kusut.

Mungkin beberapa orang kerap menyepelekan hal yang satu ini, akan tetapi manfaat yang didapatkan akan sangat berguna bagi kesehatan rambut kamu.

Menyisir rambut juga dipercaya bisa mencegah kerontokan dan membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala yang membantu menumbuhkan rambut agar lebih lebat.

? Pakai Shampo yang Tepat

Biasanya shampo bagi hijabers dan non hijabers memiliki treatment tersendiri. Hijabers cenderung memiliki rambut yang berminyak dan mudah lembab, oleh karena itu diharuskan memilih jenis shampo yang bisa membuat rambut tetap terhidrasi dengan baik.

? Jangan Pakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Sebelum memakai hijab, biarkan rambut yang masih basah itu sampai benar-benar kering. Hindari memakai hijab saat rambut masih berair. Hal ini lantaran rambut akan menjadi lepek begitu kamu langsung mengenakan hijab.

Selain itu, kamu juga hanya akan membuat rambut menjadi sarang ketombe dan jamur. Bukan tidak mungkin rambut menjadi mudah gatal dan kulit kepala menjadi kering.

Untuk memudahkannya, kamu bisa menggunakan hair dryer untuk membuat rambut lebih cepat kering. Namun, gunakanlah dengan suhu rendah, agar rambut tidak cepat rusak.

? Pilih Bahan Hijab yang Nyaman

Selain memperhatikan penggunaan shampo, seorang hijabers juga harus memperhatikan penggunaan bahan hijab yang dipakai. Untuk menjaga kelembaban rambut, kenakanlah hijab dengan bahan yang halus dan dingin di kepala. Hal ini agar rambut bisa tetap bernapas dengan baik meskipun tertutup oleh hijab.

Bahan hijab yang bagus contohnya adalah hijab berbahan katun. Biasanya jenis bahan ini akan memberikan banyak udara ke kulit kepala. Sehingga tidak akan membuat rambut menjadi berminyak.(*)




MEDSOS WOWBABEL