Diguyur Hujan Hampir Tiga Jam, Sejumlah Daerah di Sungailiat Banjir

Dwi H Putra    •    Senin, 01 November 2021 | 13:14 WIB
Video Kite
Caption: Banjir yang menggenang di Kawasan Perkantoran Pemkab Bangka, Senin (1/11/2021). (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Warga lingkungan  Sidodadi, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai siaga banjir jika hujan turun beberapa jam saja. 

Pantauan di lapangan, akibat hujan yang mengguyur Kota Sungailiat pada Senin (1/10/2021) pagi kurang lebih hampir 3 jam, daerah rawan banjir di daerah itu mulai mengenai halaman rumah warga hingga mata kaki orang dewasa.

Salah satu warga Kampung Jawa Sidodadi, Jumi Parianty (46), mengaku rumahnya menjadi langganan banjir setiap tahun ketika musim hujan tiba.

"Iya, tadi pas hujan mulai turun dari pagi, kami sudah siaga dan hingga siang ini air masih menggenangi halaman rumah, kemungkinan bisa masuk rumah kalau hujan hingga sore hari," ujar Jumi disela-sela kesibukannya, Senin (1/10/2021) siang. 

Jumi mengatakan, daerah rumah yang ditinggali sudah beberapa tahun lalu menjadi langganan banjir, air yang meluap dari drainase/ bandar yang tak jauh dari rumahnya tidak sanggup menampung beban air saat hujan turun dengan intensitas tinggi. 

"Ya seperti ini lah kalau musim hujan sudah turun, nggak heran lagi, sudah biasa tapi kami repot harus mengamankan beberapa barang, harus diangkut untuk diselamatkan," terangnya. 

Sementara itu, menindaklanjuti sejumlah kawasan tergenang dan dikhawatirkan terjadi banjir, Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Nursi, ketika dihubungi melalui sambungan telepon menyebutkan timnya sudah turun ke lapangan guna memantau kondisi genangan di sejumlah wilayah.

"Ya ini kami masih dijalan untuk menuju ke beberapa titik lokasi yang rawan banjir, tadi yang dilokasi Locacin tepatnya daerah Gereja Simpang Sari Ayu, ada penyumbatan sampah yang mengakibatkan air tidak bisa mengalir dan sudah mulai surut," jelas Nursi melalui sambungan telepon. 

"Ada beberapa titik di Sungailiat yang terjadi genangan air seperti Pasar Inpres, Kampung Jawa, Jalan Jendral Sudirman, Komplek Pemda," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL