Rumah Produksi Olahan Ikan Kampong Natak Terima Bantuan Alat Produksi dari PT Timah Tbk

ADVERTORIAL    •    Minggu, 07 November 2021 | 19:12 WIB
Lokal
PT Timah Tbk menyerahkan bantuan alat produksi bagi Rumah Produksi Olahan Ikan di Kampong Natak RT 03 Nelayan 1 Sungailiat.(ist)
PT Timah Tbk menyerahkan bantuan alat produksi bagi Rumah Produksi Olahan Ikan di Kampong Natak RT 03 Nelayan 1 Sungailiat.(ist)

SUNGAILIAT,www.wowbabel.com -- PT Timah Tbk menyerahkan bantuan alat produksi bagi Rumah Produksi Olahan Ikan di Kampong Natak RT 03 Nelayan 1 Sungailiat. Bantuan ini diharapkan dapat memproduksi  berbagai produk lainnya. 

Rumah Produksi Olahan Ikan merupakan  rumah yang digunakan bagi Kelompok  Masyarakat (KSM) untuk mengolah, memproduksi, dan memasarkan berbagai produk seperti kemplang, ampiang, getas, dan makanan olahan lainnya. 

Dengan bantuan alat produksi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi KSM sehingga dapat memberikan dampak ekonomi. Sebagaimana diketahui kawasan ini merupakan sentra penghasil ikan di Kabupaten Bangka.

PT Timah Tbk memberikan bantuan etalase untuk memasarkan produk, lemari untuk tempat peralatan produksi dan tungku untuk pembuatan abon.

"Bantuan dari PT Timah Tbk berupa etalase dan lemari piring. Dari bantuan ini nantinya kami akan membuat tungku di luar untuk memudahkan dalam membuat abon. Karena kalau pakai gas lumayan juga, di sini kayu bakar banyak makanya mau buat tungku," ujar Ketua KSM Teman, Abdullah Ahaddi. 

Ia menceritakan alat-alat ini memang sangat dibutuhkan untuk mendukung produksi. Dimana di rumah produksi ini ada tujuh KSM yang memproduksi berbagai produk. 

"Di sini ada banyak KSM yang produksi, itu ada pembagian waktunya, satu KSM itu bisa 5-7 orang. Produk yang dibuat juga beragam mulai dari olahan ikan, cumi, udang dan lainnya," ujarnya.

Ia bersyukur dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk yang dapat mempermudah para pelaku UMKM untuk memproduksi olahan ikan. 

"Sangat terbantu dengan adanya peralatan ini. Kita bisa lebih mudah karena peralatan semakin terlengkapi. Kami apresiasi PT Timah yang telah membantu peralatan ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan 

Rismy Wira yang turut hadir pada penyerahan tersebut mengapresiasi bantuan yang dilakukan PT Timah Tbk.

Menurutnya, Rumah Produksi selain kegiatan masyarakat memproduksikan produk tetapi juga menjadi kegiatan pemasaran produk.

“Rumah produksi ini menjadi sentra kuliner di Kawasan Kampung Natak ini, selain menjual makanan kering, nantinya juga akan menjual pempek, bakwan sehingga orang yang datang bisa menikmati olahan ikan langsung," ujarnya.

Ia menyampaikan dukungan PT Timah Tbk yang luar biasa untuk sarana dan prasarana masyarakat di Kampung Natak. 

“Support PT Timah Tbk sangat luar biasa dan sangat peduli, karena saya juga sering mengajukan bantuan bagaimana sama-sama kita untuk mensupport dan memberikan dukungan sarana atau prasarana yang dibutuhkan oleh ibu-ibu sini untuk membangun rumah produksi ini maupun kegiatan-kegiatan lainnya,” tutupnya.(adv/*) 



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL