Mencuri di 21 TKP, Dodi Diringkus Polisi

Firman    •    Selasa, 09 November 2021 | 11:59 WIB
Lokal
Caption: Dodi pelaku pencurian di 21 TKP diringkus Polres Pangkalpinang. (IST)
Caption: Dodi pelaku pencurian di 21 TKP diringkus Polres Pangkalpinang. (IST)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kota Pangkapinang berhasil meringkus Risdianto alais Dodi (35) warga Sri Menanti Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Risdianto alias Dodi (35) merupakan bandit spesialis pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Bandit spesialis Curanmor dan Curat ini dibekuk Tim Naga Polres Pangkalpinang di tempat persembunyianya di sebuah pondok yang berada di kawasan Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Senin (8/11/2021) siang, saat sedang bersama istrinya.

Dodi merupakan pelaku spesialis pencurian dengan pemberatan hingga pencurian sepeda motor di Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka, dengan 21 Tempat Kejadi Perkara (TKP). Berdasarkan catatan pelaku Dodi ini juga pernah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Bukit Semut, dengan kasus yang sama.

Pelaku Dodi nekat melakukan tindakan pidana, lantaran kecanduan narkoba jenis sabu-Sabu serta tidak memiliki pekerjaan.

Menurut pengakuan pelaku dirinya nekat melakukan pencurian lantaran tidak memiliki pekerjaan, setiap aksi pencurian yang ia lakukan dengan mengincar sepeda motor yang ditinggal pemiliknya dalam kondisi kunci tergantung di kontak motor tersebut. 

"Aksi saya ini dengan memanfaatkan kelengahan pemilik motor dan saya langsung bawa lari, ada juga yang terparkir di halaman rumah korban," ungkap Dodi.

Dirinya menyebutkan, aksi pencurian yang ia lakukan sudah banyak yang lupa, seingat saya, di wilayah Air Itam, Lontong Pancur dan sekitar Pangkal Balam. 

"Sudah banyak yang lupa Pak," ujar pelaku Dodi. 

Selain itu diakuinya, hasil pencurian yang ia dapatkan, digunakan untuk membeli narkoba jenis sabu-sabu dan keperluan makan serta kebutuhan sehari-hari.

"Hasil jual motor curian lainnya ada yang di barter (tukar) sabu dan sebagian dijual, hasilnya untuk keperluan sehari-hari juga," ucapnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra mengatakan, pelaku Dodi ini dibekuk Tim Naga setelah mendapatkan laporan dari salah satu korban.

"Kami membebuk pelaku adanya laporan dari salah satu korban, dan saat kita terus melakukan pengembangan termasuk mencari barang bukti lainnya," kata Adi Putra, Selasa (9/11/2021).

"Saat ini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mapolres Pangkapinang, guna pengembangan lebih lanjut," ungkap Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang. (fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE