Dosen dan Mahasiswa FPPB Ciptakan Produk ProbioFM UBB

Jurnalis_Warga    •    Sabtu, 13 November 2021 | 08:54 WIB
Lokal
Civitas Akademika Universitas Bangka Belitung (UBB) dari Fakultas Pertanian, Perikanan dan Bilogi (FPPB)  berhasil melahirkan beberapa produk, salah satunya adalah Probiotik ProbioFM UBB. (ist)
Civitas Akademika Universitas Bangka Belitung (UBB) dari Fakultas Pertanian, Perikanan dan Bilogi (FPPB) berhasil melahirkan beberapa produk, salah satunya adalah Probiotik ProbioFM UBB. (ist)

MERAWANG,www.wowbabel.com -- Civitas Akademika Universitas Bangka Belitung (UBB) dari Fakultas Pertanian, Perikanan dan Bilogi (FPPB)  berhasil melahirkan beberapa produk, salah satunya adalah Probiotik ProbioFM UBB.

Tim ini terdiri dari 4 dosen, yakni Dr Sudirman Adibrata ST MSi, Dr Rahmad Lingga SSi MSi, Rufti Puji Astuti MSi, Novyandra Ilham Bahtera SE MSc, bersama 34 Mahasiswa

Probiotik sendiri biasa dikenal sebagai bakteri baik atau bakteri sehat. Jika didefinisikan secara lengkap, probiotik merupakan mikroorganisme tertentu yang ada di dalam tubuh hewan dan akan menjamin pembentukan secara efektif organisme yang bermanfaat dalam tubuh inang (hewan) terutama sistem pencernaan karena mampu memperbaiki keseimbangan microflora usus.

Penting diketahui juga, bahwa probiotik ini mengandung bakteri menguntungkan yang dimasukkan ke dalam pencernaan untuk mendominasi bakteri yang menimbulkan penyakit (patogen) (Harmini, 2014).

Menurut Rufti, ProbioFM UBB merupakan probiotik jenis suplemen dan dekomposer yang pemanfaatannya dikhususkan untuk hewan ternak.

“ProbiotikFM UBB ini bisa digunakan untuk hewan ternak seperti itik, ayam, burung, kelinci, ikan, dan sapi,” ungkap Rufti.

Selanjutnya menurut keterangan dari tim dosen yang tergabung dalam Program Matching Fund Kedaireka UBB, ProbioFM UBB ini memiliki beberapa keunggulan dan manfaat. Di antaranya, dapat mengurangi bau amonia kandang dan kolam ikan, dapat mengurangi populasi lalat, dapat mengurangi bau anyir pada daging dan telur bebek/itik, dapat menurunkan kolesterol daging dan telur itik/ayam, meningkatkan kesehata ternak, menurunkan angka kematian ternak, dan meningkatkan efisiensi penggunaan pakan.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE