Peparnas 2021 Papua: Raih Tujuh Medali, Babel Berada di Peringkat 21

Dwi H Putra    •    Senin, 15 November 2021 | 19:57 WIB
Nasional
Kontingen Bangka Belitung yang mengikuti Paralimpic Nasional (Peparnas) ke- XVI tahun 2021 Papua.(ist)
Kontingen Bangka Belitung yang mengikuti Paralimpic Nasional (Peparnas) ke- XVI tahun 2021 Papua.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) ke- XVI tahun 2021 Papua resmi ditutup, kontingen asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) hingga perhelatan berakhir berhasil meraih sebanyak tujuh medali diantaranya satu emas, empat perak dan dua perunggu.

"Kendati belum memuaskan, namun prestasi para atlet disabilitas ini cukup membuat bangga, sebab dilalui dengan keterbatasan persiapan anggaran," kata Kabid Olahraga Disbudparpora Babel, Harun di Pangkalpinang, Senin (15/11/2021). 

"Alhamdulillah, mereka mampu berprestasi dan mengharumkan nama Babel dipentas nasional dengan berhasil tujuh medali dari 34 provinsi," ujarnya. 

Harun melanjutkan sumbangan medali emas diraih dari cabang olahraga (cabor) catur beregu standar klasifikasi tuna rungu wicara, sedangkan medali perak di cabor beregu catur cepat.

Sementara untuk medali perak lainnya diraih dari cabor tenis meja tunggal dan ganda putra klasifikasi tuna daksa, cabor atletik klasifikasi tuna daksa.

Kemudian dua perunggu diraih dari cabor catur perorangan catur standar dan cabor perorangan catur cepat.

"Babel kali ini menyertakan sebanyak 10 atlet, lima pelatih, lima official dan dua petugas keamanan dari Polda Babel," jelas Harun. 

"Keikutsertaan ini kerjasama National Paralympic Comite (NPC) Babel dengan Disbudparpora untuk di empat cabor, yakni tenis meja, catur, bulutangkis dan atletik," paparnya. 

Ditambahkan Harun, kedepan pihaknya akan lebih mempersiapkan kontingen atlet di Perpasnas IX di Medan Aceh 2025.

"Kami ingin lebih terencana, maka kami berharap pengurus NPC Babel agar lebih meningkatkan koordinasi dengan pengurus cabor dalam melakukan pembinaan atletnya," harapnya. 

"Bagi atlet yang berprestasi, dipastikan pihaknya akan mendapatkan bonus seperti halnya bonus atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON), berupa uang pembinaan dan dianggarkan pada tahun 2022 nanti," pungkasnya. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE