Harga Timah Rekor Baru Tertinggi Tembus 40.000 Dolar AS Per Ton

Tim_Wow    •    Jumat, 19 November 2021 | 11:55 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

LONDON, wowbabel.com -- Lonjakan kenaikan harga timah di pasar dunia masih berlanjut. Logam timah di pasar London pada Kamis (18/11/2021) mencatat rekor harga tertinggi baru sepanjang masa. Diperkirakan harga timah cenderung naik lebih tinggi.

Harga timah tiga bulan di London metal Exchangw (LME)  ditutup pada US$38.453 per ton, naik 1,2% dari US$37.975 per ton pada penutupan jam 5 sore. Kenaikan harga timah sekaligus mencatat sebagai rekor harga tertinggi yang sebelumnya US$38.330 per metrik ton pada Oktober 2021.

Analis pasar Fast Markets dalam laporan petang mengatakan harga berjangka logam dasar di London Metal Exchange sebagian besar naik pada penutupan Kamis sore pada hari dengan timah mencapai level tertinggi baru sepanjang masa.

"Ini menandai harga tertinggi baru sepanjang masa untuk logam solder harga tiga bulan, dengan rekor sebelumnya menjadi US$38.330 pada 20 Oktober. Timah telah mencapai US$40.000 selama perdagangan hari Kamis," ujar analis Fast Markets, Jumat (19/11/2021).

Pasokan timah yang masing sangat terbatas dengan stok timah di gudang LME memicu kenaikan harga. Apalagi muncul  laporan bahwa peleburan timah Malaysian Smelting Corporation (MSC) secara tentatif  untuk mengakhiri force majeure mereka pada 30 November. Namun, ada pertanyaan tentang apakah mampu memenuhi pasokan kebutuhan timah di pasar .

Timah sekaligus mencatat swbagai logam berkinerja terbaik tahun 2021 di pasar logam dunia. Sepanjang tahun 2021, harga timah telah naik mencapai 80%.

Harga timah juga naik di pasar Shanghai Futures Exchange (SHFE) kemarin bersamaan dengan kenaikan harga logam dasar lainnya. Bahkan harga logam termasuk timah  cenderung lebih tinggi pada  pembukaan pasar Jumat pagi di tengah kepercayaan pasar yang lebih kuat terhadap pemulihan ekonomi.  (wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE