PT Timah Tbk Serahkan Bantuan untuk Kelompok Tambak Ikan Lubuk Menur Jaya

ADVERTORIAL    •    Sabtu, 20 November 2021 | 13:50 WIB
Lokal
PT Timah Tbk menyerahkan perlengkapan budidaya perikanan kepada Kelompok Tambak Ikan Lubuk Menur Jaya, Desa Bintet, Kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, Senin (15/11/2021). (ist)
PT Timah Tbk menyerahkan perlengkapan budidaya perikanan kepada Kelompok Tambak Ikan Lubuk Menur Jaya, Desa Bintet, Kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, Senin (15/11/2021). (ist)

BELINYU,www.wowbabel.com -- PT Timah Tbk  kembali menyerahkan bantuan alat kerja kepada kelompok masyarakat. Kali ini, PT Timah Tbk menyerahkan perlengkapan budidaya perikanan kepada Kelompok Tambak Ikan Lubuk Menur Jaya, Desa Bintet, Kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, Senin (15/11/2021).

Kelompok Tambak Ikan Lubuk Menur Jaya membudidayakan ikan lele dan nila dengan sistem Kerambah Jaring Apung (KJA). Budidaya perikanan yang dilaksanakan oleh kelompok ini merupakan bagian bentuk pemberdayaan masyarakat. Dimana anggota kelompok merupakan gabungan dari  berbagai elemen masyarakat seperti nelayan, petani dan kelompok pemuda. 

Ketua Kelompok Tambak Ikan Lubuk Menur Jaya Vratiko Ardhan mengatakan, di tengah keterbatasan yang dimiliki kelompok, pihaknya terus berupaya untuk melakukan sejumlah inovasi untuk kemandirian dengan menggunakan konsep pemberdayaan anggota kelompok. 

"Kami terus melakukan inovasi untuk dapat mandiri dengan memberdayakan anggota dalam pengelolaan usaha. Misalnya untuk pakan ikan didapat dari hasil teman-teman nelayan berupa ikan ruca-ruca yang mereka olah menjadi pakan," katanya saat menerima bantuan. 

Diakui Vratiko Ardhan  ada beberapa kendala yang dihadapi pihaknya terutama terkait kondisi kolam dan faktor budidaya lainnya. 

"Ada kendala dengan kondisi air kolam yang lama kelamaan kurang baik, maka kami mengajukan bantuan ke PT Timah berupa bantuan Mesin pompa Air, untuk sirkulasi air kolam. Selain itu jg kami minta bantu berupa Atap untuk pembuatan rumah pakan, serta penggorengan dalam pembuatan pakan ikan. Alhamdullilah ini disetujui," katanya.

Ia bahkan tak menyangka, PT Timah membantu mereka untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami dengan memberikan bantuan pompa air. 

"Kami sangat senang dengan apa yang kami minta dan direalisasikan oleh PT Timah sehingga membantu bisa kami dalam menjalankan usaha ini," ujar Vratiko.

Saat ini, kata dia mereka memiliki 10 KJA dan berencana akan mengembangkan menjadi 100 KJA dengan menambah jenis ikan yang akan dibudidayakan. 

"Saat ini kami memiliki 10 KJA, niat kami ke depan bersama teman-teman kelompok untuk mengembangkan usaha ini, target kami 100 KJA," sebutnya.

Selain mengembangkan usaha budidaya perikanan, pihaknya juga berencana untuk membuka lahan pertanian berupa Palawija.

Ketua RT 07 Desa Bintet, Arpandi, mengapresiasi bantuan dari PT Timah Tbk yang telah membantu masyarakat atas bantuan kepada warganya. 

Menurutnya, ke depan pihaknya berencana untuk membuat sentra ekonomi desa dengan melalui berbagai usaha yang dilakukan kelompok. 

"Terimakasih  banyak atas bantuan yang diberikan oleh PT Timah kepada Warganya, hal ini tentu menjadi motivasi lebih untuk warga kami agar terus lebih maju dalam melakukan kegiatan usahanya," katanya.(adv/*) 




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE