Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako di Pasar Muntok Naik

Chairul Aprizal    •    Minggu, 21 November 2021 | 12:49 WIB
Lokal
Caption: Ilustrasi (rul/wb)
Caption: Ilustrasi (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Salah seorang pedagang di Pasar Muntok Iin Saputra mengungkapkan bahwa harga sembakomengalami kenaikan jelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Bahkan melihat kondisi fenomena kenaikan yang terjadi saat ini, pedagang Pasar Muntok pesimis harga minyak ini dapat kembali normal lagi.

"Harga sembako seluruh naik, sembako minyak, gula, sagu, naik semua. Naik banyak, minyak Rp 19 ribu sekarang," ucap Iin Saputra, Sabtu (20/11/2021).

Iin menyebutkan harga minyak yang terbilang sudah tinggi kecil kemungkinan akan kembali ke harga normal. Padahal sebelumnya harga normal minyak sebesar Rp 10-11 ribu.

"Sekarang kalau lah naik susah sembako turun, kecuali seperti sayuran meski dia ngejut (dadakan-red) walau dia harga seratus bisa sampai sepuluh ribu, kalau sembako jangan harap," cetusnya.

"Kalau minyak ini tidak bakalan lagi dia turun yang lain juga walaupun dia naik-naik juga tidak bakalan turun lagi dia," tuturnya.

Harga gula Rp.12.000/kilogram tapi kenaikan gula dirasakan pedagang ini mulai dari Rp 500.000/karung (50 kilogram) sampai Rp.575.000/karung (50 kilogram).

"Sembako kita ini dimonopoli orang kalau sembako yang orang besarlah. Kita kan masih bawahan pengecer dianggap. Banyaklah susahnya banyak pengeluh seperti pembeli, sarannya kepada pemerintah harga stabil aja kasihan rakyat," sebutnya.

Sementara untuk harga cabe masih mengalami turun naik juga dan hingga saat ini dirinya menjual cabe besar Rp.54.000/kilogram, cabe rawit Rp.52.000/kilogram.

"Penurunan sejak seminggu yang lalu, bawang turun banyak, pengaruh juga kalau harga turun ini karena turun juga pembeli dari dulu tapi kalau harga naik banyak pembeli, kalau cabe saya bisa terjual sampai 60 kilo sehari," katanya. (rul/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL