Aset Perbankan Meningkat, Pertanda Ekonomi Babel Sudah Sehat

Firman    •    Kamis, 25 November 2021 | 02:45 WIB
Ekonomi
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bangka Belitung, Tantan Heroika.(fn/wb)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bangka Belitung, Tantan Heroika.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com - Kinerja ekonomi Bangka Belitung yang membaik tercermin pula dari kinerja perbankan. Aset perbankan di Bangka Belitung terus menunjukkan tren peningkatan disertai dengan peningkatan Dana Pihak Ketiga seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan dunia usaha. 

Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan di Babel terus tumbuh signifikan. Per 30 September 2021, DPK tumbuh sebesar 17,38% (yoy), sementara kredit baru tumbuh sebesar 0,65% (yoy). 

Namun demikian pertumbuhan kredit masih terbatas dengan risiko kredit yang relatif terjaga tercermin dari NPL (Non Performing Loan) yang rendah. Untuk itu Bank Indonesia mendorong perbankan di Bangka Belitung untuk meningkatkan intermediasi kredit terutama ke sektor produktif dan UMKM. 

“Membaiknya pertumbuhan ekonomi terlihat pula dari indikator sistem pembayaran. Aktivitas transaksi BI-RTGS dan SKNBI meningkat, demikian pula halnya transaksi pembayaran tunai dan transaksi pembayaran ritel non-tunai yang ikut menguat,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bangka Belitung, Tantan Heroika, Rabu (24/11/2021).

Momentum pertumbuhan perekonomian Bangka Belitung pada triwulan III tahun 2021 dengan pertumbuhan 6,11% (yoy)  tertinggi se Sumatera diharapkan terus berlanjut di tahun berikutnya.

“Bank Indonesia akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholders terkait lainnya dalam menjaga stabilitas harga dan mendorong pemulihan ekonomi di Bangka Belitung, terutama dalam pengendalian inflasi, pemberdayaan UMKM, implementasi ekonomi dan keuangan syariah, program kemandirian pesantren, digitalisasi transaksi keuangan ritel (QRIS) dan elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah, serta tercukupinya kebutuhan uang layak edar di masyarakat,” ujar Tantan.

Bank Indonesia juga, kata Tantan akan terus bersinergi dan mendorong lahirnya inovasi baru dalam mengukir kerja nyata mewujudkan Bangka Belitung yang sehat, mandiri dan berdaya saing dalam perekonomian.(fn/wb) 




MEDSOS WOWBABEL