BKPSDMD Sosialisasikan Peraturan Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi

Dwi H Putra    •    Kamis, 25 November 2021 | 16:43 WIB
Lokal
Kepala BKPSDMD Bangka Belitung, Susanti.(dwi/wb)
Kepala BKPSDMD Bangka Belitung, Susanti.(dwi/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Bangka Belitung melaksanakan sosialisasi peraturan dan pembinaan tentang seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di lingkungan pemerintah daerah (Pemda) melalui mekanisme seleksi terbuka maupun uji kesesuaian kualifikasi dan kompetensi. 

"Sosialisasi ini sangat penting, diikuti oleh seluruh sekretaris daerah (Sekda), bupati dan walikota dan kepala BKPSDMD," kata Kepala BKPSDMD Babel, Susanti kepada awak media usai kegiatan di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (25/11/2021). 

Baca Juga: SKB CPNS Bangka Belitung Digelar 29 November 2021

"Narasumber dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), mitra dan pemda, supaya nantinya pelaksanaan seleksi dan pembinaan dapat dilakukan sesuai aturan," ujarnya. 

Susanti melanjutkan dalam kegiatan ini dijelaskan bagaimana masalah penempatan dan demosinya, teguran dan prosedur yang baru dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi. 

"Maka disampaikan hari ini kepada sekda, BKPSDMD dan lainnya, supaya tidak terjadi lagi seperti sebelum-sebelumnya," jelas Susanti. 

"Kalau yang dulu itu sebelum masa saya, makanya hal ini disampaikan, dan hal seperti ini tidak hanya di Babel ada juga di daerah lainnya," paparnya. 

Menurutnya, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen kepegawaian, ada pasal yang menunjukkan bahwa terkait pengisian jabatan tinggi pratama, jabatan kosong itu akan diisi dengan promosi harus seleksi terbuka. 

Apabila jabatan itu jabatan setara, cukup jobpit atau diisi juga jabatan pratama, yakni Esselon II A dan II B, tetapi karena namanya dua dianggap sama, jadi bisa dari lembaga satu atau bisa dari kabupaten/ kota atau provinsi. 

"Namun ada seleksinya dengan tes kompetensi, dengan pola psikotes, wawancara dan lainnya, bukan ujuk-ujuk diisi," terang Susanti lagi. 

"Di BKPSDMD Babel kedepan apa bakal ada seleksi lagi, sebab masih ada jabatan yang masih kosong, tapi masa kerja gubernur sudah mau selesai, maka harus izin dulu ke Kemendagri dan KASN," tandasnya.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, tahun depan akan lebih baik lagi," harapnya. 

Ditambahkannya terkait pimpinan Dinas Pendidikan (Disdik) Babel yang sekarang ini masih diisi pejabat pelaksana tugas (Plt), mungkin tahun depan baru dilaksanakan seleksi, sebab tahun ini tidak ada lagi anggaran bagi panitia seleksi, sebab banyak tanggung jawabnya tidak sembarangan.(dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL