Disnaker Bangka Belitung Bakal Datangi Sejumlah Perusahaan

Dwi H Putra    •    Jumat, 26 November 2021 | 10:22 WIB
Lokal
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com --  Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Desember mendatangkan akan melakukan pemeriksaan ke perusahaan-perusahaan di Bangka Belitung khususnya yang membandel tidak mematuhi aturan. 

"Kunjungan ini untuk melihat sejauh mana perusahaan mengakomodir ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, misalnya memenuhi jaminan sosial ketenagakerjaan dan jaminan sosial kesehatan," kata Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Jumat (26/11/2021). 

"Bagi perusahan yang belum membayar BPJS Tenaga Kerja dan Sosial akan ada tindakan yang diberikan," tegasnya. 

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk sementara ini akan dilakukan upaya preventif, agar perusahaan mentaati aturan dan juga memenuhi hak-hak pekerja. 

"Sementara ini preventif dulu, tapi kalau terus menerus tidak berubah akan ada tindakan tegas bagi perusahaan yang mengabaikan," jelas Erzaldi. 

Sementara itu, Kepala Disnaker Bangka Belitung, Elfiyena, menambahkan pihaknya akan mendatangi perusahaan-perusahaan dan berdiskusi terkait apa saja kendala yang dihadapi oleh perusahaan. 

"Kami akan keliling, sosialisasi sekaligus berdiskusi, melihat sejauh mana perusahaan menerapkan aturan yang diharuskan," tukas Elfiyena. 

Pihaknya berharap semua perusahaan di Babel taat aturan, meskipun masih banyak perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. 

"Pelan-pelan akan kami coba dekatkan," imbuhnya. 

"Makanya kami mau tahu kendalanya dimana, sehingga perusahaan belum mengikutsertakan karyawannya masuk dalam kepesertaan jaminan sosial," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL