Hanya Industri Timah China Tak Terpengaruh Larangan Ekspor Indonesia

Tim_Wow    •    Jumat, 26 November 2021 | 09:02 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --  China sebagai produsen timah terbesar dunia diperkirakan tidak terpengaruh terhadap rencana Indonesia menghentikan eskpor timah dan beberapa komoditas tambang lainya. Selain memiliki cadangan timah terbesar, China juga memasok 70 persen timah untuk industri dalam negeri.

Baca Juga: Persediaan Berkurang Sebabkan Harga Timah Bertahan di Rekor Tertinggi

China  juga tidak mengimpor konsentrat timah dari  Indonesia, karena sejak 2016, Indonesia sudah melarang ekspor konsentrat timah. Pasokan konsentrat China didatangkan dari  negara Myanmar, Republik Demokratik Kongo dan beberapa negara Afrika lainnya.

"Pasokan logam  dasar nonbesi China kemungkinan tidak akan terpengaruh oleh pembatasan ekspor terbaru Indonesia," kata para analis China menanggapi Indonesia mengumumkan pembatasan ekspor pada beberapa logam nonferrous, termasuk timah, nikel dan tembaga di tahun-tahun mendatang.

"China memiliki cadangan timah terbesar di dunia dengan kapasitas untuk memenuhi 70 persen dari kebutuhannya sendiri, sehingga pembatasan ekspor timah Indonesia akan berdampak kecil pada perusahaan China," ujar Guo Ning Wakil Sekretaris Jenderal China Nonferrous Metals Industry Association Tin Branch (CNIA) -TIN),  yang dikutip dari  Global Times pada  Kamis (25/11/2021).

“Akibat rantai pasokan timah China yang lengkap, bahkan ketika rantai pasokan di luar negeri terganggu oleh pandemi COVID-19, ekspor timah China terus meningkat,” kata Guo.

Menurut analis, China sebagai pengekspor bersih timah. Seiring dengan belum pulihnya produksi dalam negeri, impor timah Indonesia juga meningkat. Pasar timah domestik  China sedikit perubahan setelah pengumuman terbaru pemerintah Indonesia. Terlihat dari harga timah di bursa komoditas Shangahi harga timah tidak terjadi lonjakan yang tinggi seperti halnya di Pasar London.

Data CNIA-TIN, China mengimpor 159.000 ton bijih timah dalam 10 bulan pertama tahun 2021, meningkat dari tahun ke tahun sebesar 43,6 persen. 

Meski pembatasan ekspor timah Indonesia kemungkinan besar tidak  berdampak langsung pada pasokan timah domestik China. Namun bisa berdampak pada rantai pasokan industri timah global.

Selain itu, pembatasan ekspor timah,  Indonesia juga melarang ekspor logam nonferrous lainnya termasuk tembaga dan aluminium. (*)



MEDSOS WOWBABEL