Intip Satu-satunya Desa di Babel yang Sudah Berbasis Digitalisasi

Chairul Aprizal    •    Jumat, 26 November 2021 | 16:14 WIB
Lokal
Kepala Desa Sekar Biru, Erwin Fauzi.(rul/wb)
Kepala Desa Sekar Biru, Erwin Fauzi.(rul/wb)

PARITTIGA,www.wowbabel.com -- Desa Sekar Biru Digital di Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, merupakan satu-satunya Desa yang mempunyai inovasi berbasis teknologi informasi terdepan di Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Desa Sekar Biru, Erwin Fauzi, menjelaskan sistem pelayanan dan administrasi kependudukan di pemerintahan desanya sudah berbasis aplikasi dan pelayanan bisa diakses melalui web desa.

"Memang kemarin desa ini sudah mau sempat dilaunching tapi terkendala map untuk peta desa masih berproses jadi belum, tapi Desa Sekar Biru sudah menjadi desa satu-satunya di Bangka Belitung ini bahkan yang digital," ungkap Erwin.

Kepala Desa Sekar Biru menuturkan inovasi menjadikan desa berbasis digital ini dimuat dari salah seorang perangkat desanya lulusan SMK yang mampu membuat aplikasi. 

"Dimuat oleh SDM kita perangkat desa, kita inilah bukan mengupah orang, sudah sejak tahun 2018 kita mulai membangun digitalisasi dalam pelayanan ini,” tutur Erwin.

Erwin menyebutkan masyarakatnya sudah mendapatkan segala bentuk pelayanan yang ada mulai dari pengurusan administrasi kependudukan, cek vaksinasi Covid-19, dan pengurusan ijin usaha sampai segala informasi pengumuman bisa diakses dari web desa.

"Untuk wilayah Desa Sekar Biru sudah didukung dengan akses internet tidak ada lagi wilayah kita yang blankspot, juga untuk Pak RT kita pinjamkan HP dari aset desa. Jadi ketika ada warganya yang jauh dari pemerintahan desa untuk mendapatkan pelayanan bisa melalui RT nya yang membantu melayani akses di desa ini apabila tidak memahami internet," jelasnya.

Tak hanya itu kepala desa menyebutkan berbagai kemudahan dan kelancaran pelaksanaan pemerintahan menjadi terbantu dengan adanya digitalisasi, begitupula para auditor dapat lebih memudah jikalau mau mengecek inventaris desa hanya tinggal menempelkan barcode maka data inventaris barang langsung ketemu.(rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL