Mr P Gatal dan Tak Nyaman, Ini Penyebabnya

Tim_Wow    •    Jumat, 26 November 2021 | 16:47 WIB
Hiburan
Ilustrasi.(sumber: suar.com)
Ilustrasi.(sumber: suar.com)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Rasa gatal pada organ intim kerap membuat tak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas, tak hanya perempuan laki-laki juga bisa mengalami Mr P (Penis—red) gatal.

Mr P bisa mengalami gatal dan iritasi biasa terlihat seperti ruam, benjolan merah atau lecet. Rasa gatal paling sering disebabkan oleh infeksi kulit, bahan kimia dalam produk kebersihan atau gejala penyakit menular seksual.

Umumnya, sebagian besar Mr P gatal tidak berbahaya dan bisa diobati. Ada beberapa penyebab rasa gatal pada Mr P, antara lain:

1. Iritasi 

Iritasi yang dialami Mr P sering terjadi akibat hal-hal yang terkadang tidak berbahaya. Penyebab umum iritasi bisa dari penggunaan produk kebersihan atau sabun yang salah, terlalu sering dibersihkan atau keseringan adanya gesekan.

Gejala umum iritasi Mr P biasanya berupa penis kemerahan dan gatal. Mungkin bisa saja mengalami demam, nyeri buang air kecil dan nyeri testis. Tapi, kondisi ini biasanya sembuh dengena perawatan mandiri.

2. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi pada saluran kemih yang meliputi ginjal, kandung kemih dan uretra. Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri tinja. Gejala infeksi saluran kemih ini bisa berupa penis gatal dan nyeri ketika buang air kecil atau dysuria.

3. Kudis

Kudis adalah ruam yang disebabkan oleh tungau gatal mikroskopis manusia. Kondisi ini bisa menyebabkan iritasi parah dan gatal pada Mr P. Tungau menyebar melalui kontak langsung, tempat tidur atau furniture.

Kondisi ini bisa menginfeksi semua orang, baik anak-anak, orang dewasa muda yang aktif secara seksual, orang dengan sistem kekebalan lemah, pasien di panti jompo.

Gejalanya meliputi rasa gatal yang hebat, terutama di malam hari dan ruam berupa benjolan merah kecil. Tapi, menggaruk bisa menyebabkan ruam yang membentuk luka, sisik atau kerak. 

4. Lichen sclerosus

Kondisi kulit kronis di mana seseorang membentuk bercak putih, keriput, dan kulit tipis. Kebanyakan orang dengan kondisi ini akan mengalaminya di area anus, genital dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Lichen sclerosus adalah adanya perubahan kulit serta memar, pendarahan, peradangan, gatal dan nyeri di area yang terkena. Kondisi ini perlahan berkembang dari waktu ke waktu tanpa pengobatan.

5. Kutil kelamin

Kutil kelamin salah satu infeksi menular seksual yang paling umum. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Meskipun tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan yang tepat dapat membantu.

Gejala utama kutil kelamin berupa benjolan kecil selangkangan, benjolan selangkangan berwarna kulit, benjolan selangkangan berukuran marmer, benjolan selangkangan yang tidak nyeri, dan benjolan selangkangan bersisik.

6. Tinea cruris

Tinea cruris adalah infeksi jamur pada kulit di daerah selangkangan. Kondisi ini bisa menyebabkan kemerahan berbentuk cincin, dan terkadang gatal atau nyeri.

Gejala utama tinea cruris ini berupa selangkangan kemerahan, selangkangan gatal, daerah selangkangan yang berkeropeng, dan ruam gatal.(*)

Sumber: suara.com




MEDSOS WOWBABEL