Persediaan Berkurang Sebabkan Harga Timah Bertahan di Rekor Tertinggi

Tim_Wow    •    Jumat, 26 November 2021 | 11:19 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Harga timah di Pasar London masih bertahan direkor harga tertinggi pada penutupan Kamis (25/11/2021).  Persediaan stok timah di gudang penyimpanan London Metal Exchange (LME)  1.190 ton  terus berkurang menyebabkan harga timah tidak goyah. 

Timah tiga bulan di  LME masih berada  di 39.955 Dolar AS per metrik ton setelah  menyentuh harga  40.680 Dolar AS rekor tertinggi. Harga logam yang banyak digunakan  untuk solder industri elektronik, hampir dua kali lipat  dari harga sejak awal tahun 2021.

Baca Juga: Hanya Industri Timah China Tak Terpengaruh Larangan Ekspor Indonesia

Timah di Shanghai Futures Exchange ( SHFE ) ditutup naik 2,12% atau 6.010 yuan. pada 289.340 Yuan per ton, dengan open interest naik 1.0557 lot menjadi 43.953 lot.

Pasokan timah di SHFE dalam jangka pendek kemungkinan akan ketat karena Beacukai Myanmar masih ditutup dan pengurangan produksi timah di Gejiu, Yunnan karena kebijakan perlindungan lingkungan. Dari sisi permintaan stabil karena industri hilir membeli sesuai permintaan, dan bereaksi negatif terhadap harga timah yang tinggi. 

"Harga timah kemungkinan akan menuju pada level tinggi di tengah persediaan yang stabil," kata analis pasar SMM.

Sedangkan analis Commerzbank Daniel Briesemann yang dikutip dari Reuters mengatakan, tingkat persediaan timah turun drastis didukung permintaan yang kuat.

“China juga tampaknya terbuka untuk  dukungan kebijakan fiskal selama beberapa bulan ke depan. Ini akan menghasilkan permintaan logam yang lebih kuat," ujarnya.

Bagi industri, harga  timah sekarang ini  sangat tinggi sehingga  untuk naik  lebih lanjut masih  terbatas. Stok timah berdasarkan waran LME telah meningkat menjadi 1.000 ton dari titik terendah bersejarah 255 ton pada bulan Oktober tetapi tetap jauh di bawah tingkat biasanya.

Premi US$1.152 yang besar dan kuat untuk timah tunai selama tiga bulan menunjukkan kurangnya bahan yang tersedia. Selain timah, harga logam industri  di LME naik pada hari Kamis,  harga nikel  naik ke arah tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. (*)



MEDSOS WOWBABEL