Jelang Akhir Tahun, Kanwil DJPb Perketat Pengawasan Penyaluran Anggaran

Jurnalis_Warga    •    Senin, 29 November 2021 | 09:43 WIB
Lokal
Caption: Talkshow Kawal Uang Negara di Akhir Tahun d Studio TVRI Bangka Belitung, Kamis (25/11/2021).  (IST)
Caption: Talkshow Kawal Uang Negara di Akhir Tahun d Studio TVRI Bangka Belitung, Kamis (25/11/2021). (IST)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung menyosialisasikan Peraturan Dirjen Perbedaharaan nomor 9 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2021. Ha

Kepala Bidang SKKI Kanwil DJPb Babel Frida Zuliaty bersama Kepala Seksi Supervisi Proses Bisnis Febie Saputra mengatakan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Perbendaharaan Negara, Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan dan pedoman pelaksanaan anggaran negara. 

Kewenangan penetapan pedoman dalam bentuk prosedur dan ketentuan ini sejalan dengan tugas dan kewenangan Menteri Keuangan untuk melakukan pengendalian pelaksanaan anggaran, menetapkan sistem penerimaan dan pengeluaran kas negara, menempatkan uang negara dan mengelola/menatausahakan investasi, dan kewenangan lainnya dalam melaksanakan kewenangan selaku Chief Financial Officer (CFO) yang tidak hanya berlaku sebagai kasir tetapi melaksanakan fungsi pengelola keuangan yang seutuhnya.

"Pengelolaan uang negara merupakan aktivitas manajemen terkait uang kas yang masuk rekening negara dan uang yang keluar untuk belanja Pemerintah. Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) harus memantau berapa uang yang masuk dan berapa uang yang akan dikeluarkan berdasarkan SPM yang diajukan oleh satker," katanya dalam Talkshow Kawal Uang Negara di Akhir Tahun d Studio TVRI Bangka Belitung, Kamis (25/11/2021). 



MEDSOS WOWBABEL