Harga Timah Terkonsolidasi Menuju Rekor Tertinggi

Tim_Wow    •    Selasa, 30 November 2021 | 21:18 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com--  Tren harga timah bertahan di jalur kenaikan. Bahkan diperkirakan tetap berada di level harga tertinggi mengingat stok barang yang masih sangat ketat.

Hingga penutupan pasar, Selasa (30/11/2021) petang, harga timah di London Metal Exchange (LME) maupun  Shanghai Futures Exchange (SHFE) ditutup naik. Di LME timah kontrak tiga bulan naik 0,17%  atau US$ 39.500 per metrik ton.

Sedangkan harga timah di SHFE naik  0,62% atau 1.770 Yuan per metrik ton menjadi   286.260 Yuan, dengan bunga terbuka naik 497 lot menjadi 44.678 lot.

Kenaikan harga timah dalam dua hari berturut setelah sempat turun akibat berita penularan omicorn varian baru Covid-19 di beberapa negara. 

"Secara fundamental, pola permintaan dan penawaran stabil. Ketersediaan barang terus jatuh, dan harga spot stabil pada level tinggi. Volume perdagangan sebagian besar tidak berubah. Oleh karena itu, harga timah kemungkinan besar akan tetap tinggi sampai beberapa hal baru yang signifikan memecah keseimbangan pasar saat ini," kata analis pasar komoditas Shanghai Metal Markets (SMM).

Sementara itu analis pasar di LME  menilai harga timah, tampak nyaman berkonsolidasi sejak  Senin 29 November setelah  hari Kamis pekan lalu harga naik  ke level tertinggi baru di US$ 40.680 per ton. Timah gagal menjaga momentum kenaikan dampak dari kabar penyebaran Omicorn. Namun dengan stok timah yang berkurang harga diperkirakan akan bangkit kembali menuju level tertinggi.

"Stok  turun lebih rendah. Kami memperkirakan target harga naik US$ 41.500 per ton," kata analis pasar Fast Markets. (*)










MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE