Anggota Pramuka Garuda Bisa Daftar Sekolah yang Diminati

Dwi H Putra    •    Rabu, 01 Desember 2021 | 23:30 WIB
Lokal
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 166 orang Anggota Pramuka Garuda Nasional yang berasal dari setiap kabupaten/ kota. 

"Sekarang ini, Babel sudah ada Anggota Pramuka Garuda Nasional, sebab ini berjenjang mulai dari pramuka internasional, nasional, daerah hingga cabang," kata Ketua Majelis Pembina Gerakan Pramuka Babel, Erzaldi Rosman usai kegiatan di GOR Syahabuddin, Rabu (1/12/2021). 

"Dan hari ini kami memberikan apresiasi bagi semuanya mulai dari kakak pembina, siaga, penggalang dan penegak, hal ini bukan semata-mata begitu saja diberikan sebab semua itu sudah melalui seleksi yang diatur dengan jelas," ujarnya. 

Lanjutnya mereka yang tergabung dalam Anggota Pramuka Garuda ini kedepannya, mereka menjadi pramuka yang handal, kreatif dan inovatif lebih dari anggota biasa lainnya. 

Selain itu, mereka yang menjadi Anggota Pramuka Garuda, berhak mendapat apresiasi lainnya yang diberikan pemerintah daerah atau lainnya seperti bisa memiliki sekolah yang diminati. 

"Kami sudah melakukan MoU dengan UBB dan IAIN Syekh Abdurahman Siddiq, menyusul Universitas Muhammadiyah Babel, tapi tentunya dengan kriteria yang dibuat universitas tersebut," jelas Erzaldi. 

"Makanya, ini apresiasi dari kwarda, supaya bisa terus termotivasi, jika Anggota Pramuka Garuda ini semakin banyak di Babel, maka sumber daya manusia (SDM) di Babel pada 20 atau 30 tahun mendatang lebih baik lagi," harapnya 

Sementara, Ketua Kwarda Babel, Melati Erzaldi, mengatakan terkait Anggota Pramuka Garuda terbanyak dari Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sebanyak 100 lebih orang, hal ini terkait keaktifan pembina pramuka daerah setempat. 

"Tentunya hal ini akan terus disosialisasikan ke tingkat kwartir cabang (Kwarcab) lainnya, supaya tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) dapat mendapatkan apresiasi yang sama," harap Melati. 

"Sebab untuk kwarda ini di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB), oleh sebab itu kwarcab bersama pemerintah daerah dapat menyambut baik hal ini," tandasnya. 

Apresiasi bagi Anggota Pramuka Garuda ke sekolah dan perguruan tinggi yang diminati tidak serta merta masuk begitu saja, namun harus berprestasi dalam pendidikan kemudian harus memenuhi kriteria dari sekolah atau perguruan tinggi yang ditujukan. 

Ditambahkan, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang dihadiri Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda, Budi Prayitno, mengatakan Anggota Pramuka Garuda merupakan peserta didik yang unggul. 

Menurutnya ada dua jurusan pertama harus menyelesaikan syarat kecakapan, diluar itu harus ada leadership, manajer skill yang lain dan sebagainya yang kemudian dinilai pembina. 

"Di Babel ini sudah sangat baik, sebab ketika Pramuka Garuda ini menjadi peserta didik unggul diberikan apresiasi dengan bisa memilih pendidikan untuk pengembangan dirinya," tandas Budi. 

"Hal ini sudah jelas ada ruang untuk pengembangan diri, adalah hingga perguruan tinggi, sudah tentu kedepannya sudah tentu Babel akan memiliki sumber daya yang unggul kedepannya," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE