Disperindag Babel Berupaya Ekspor Hasil UMKM

Dwi H Putra    •    Rabu, 01 Desember 2021 | 13:39 WIB
Lokal
Caption: Kepala Disperindag Babel, Tarmin usai Lauching Ekspor Lada ke Kanada di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Rabu (1/12/2021). (dwi/wb)
Caption: Kepala Disperindag Babel, Tarmin usai Lauching Ekspor Lada ke Kanada di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Rabu (1/12/2021). (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus berupaya untuk mengekspor produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke luar negeri.

"Guna merealisasikan hal itu, kami sudah berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti Balai Karantina, PT Pos, Bea Cukai dan lainnya," kata Kepala Disperindag Babel, Tarmin usai Lauching Ekspor Lada ke Kanada di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Rabu (1/12/2021).

"Namun, sekarang inikan UMKM ini terkendala pembelinya di luar negeri, maka dari itu kami imbau bekerjasama media online atau dengan perusahaan eksportir seperti yang sekarang ini," ujarnya.

Menurutnya upaya ekspor langsung dari Babel ini supaya devisa ekspor bisa meningkat atau tercatat dari Babel sebab akan langsung sampai ke pembeli, tidak lagi melalui eksportir lainnya.

"Intinya, hari ini terkait ekspor lada, tidak ada lagi tengkulak yang bermain atau mencampur lada Babel dengan lada lain, intinya mengunci ekspor ini,"

"Sebenarnya ekspor lada ini sudah lama, tapi eksportir tidak langsung namun melalui Lampung atau Jakarta,"

Tarmin melanjutkan hingga saat ini sudah ada tiga jenis produk yang diekspor langsung dari Babel, seperti Lidi Nipah, Getas dan Lada Putih ini.

"Ekspor ini tergantung komoditi dan kualitas UMKM ini, sebab itu sangat menentukan oleh pembeli, oleh sebab itu kami imbau UMKM lebih kreatif dan kemasan dan lainnya," pungkas Tarmin. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE