Pemprov Babel Akan Terapkan Merit Sistem untuk Karir ASN

Dwi H Putra    •    Rabu, 01 Desember 2021 | 20:20 WIB
Lokal
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menerapkan merit sistem, untuk memastikan jabatan di birokrasi pemerintahan diduduki orang-orang yang profesional.

"Dalam arti kompeten dan melaksanakan tugas berdasarkan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku aparatur sipil negara (ASN)," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman usai melantik 113 calon pegawai negeri sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Rabu (1/12/2021).

Erzaldi Rosman melanjutkan merit sistem yakni sistem kepegawaian sudah diatur dan dikembangkan untuk mengarahkan jenjang karir Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih teratur.

Dan dengan merit sistem ini jenjang karir ASN ditentukan oleh kinerja, profesionalisme, dan sejauh mana mereka dalam bekerja dapat memberikan nilai sendiri, karena setiap mereka kerjakan terlapor dalam sistem tersebut.

"Dengan merit sistem inu jenjang karir para ASN di Pemprov Babel lebih baik dan teratur, itu harapan kita," jelas Erzaldi.

Selain itu, Erzaldi Rosman menanggapi wacana pemerintah pusat akan menempatkan robot dalam beberapa pelayanan di pemerintahan, menurutnya hal itu akan dilakukan secara bertahap dan mungkin pemerintah ingin melakukan itu untuk efisiensi.

"Pemerintah merasa apa yang dilakukan oleh ASN saat ini belum optimal," tukas Erzaldi.

"Nah hal itu menjadi tantangan bagi ASN, masa kalah sama robot, jangan takut, artinya hal ini harus membuat ASN lebih giat dan disiplin lagi dalam bekerja," terangnya.

Oleh sebab itu, dirinya berpesan bagi PNS yang baru dilantik jangan terkontaminasi dengan kebiasaan kurang baik yang kebetulan ada di lingkungan kerjanya, tapi sebaliknya berupaya mendorong untuk merubah lingkungan kerja yang kurang baik menjadi baik.

"Jika lingkungan kerja baik dan diisi orang baik, maka pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE