Terkendala Keuangan, Rekrutmen CPNS Tahun 2022 Ditiadakan

Dwi H Putra    •    Rabu, 01 Desember 2021 | 23:56 WIB
Nasional
Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, Susant.(dwi/wb)
Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, Susant.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Masyarakat yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tampaknya harus bersabar.

Pasalnya, di tahun depan harapan itu terpaksa tertunda karena rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2022 tidak dibuka oleh pemerintah atau ditiadakan.

"Berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, pengadaan rekrutmen di tahun depan hanya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), tidak ada pengadaan CPNS," kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, Susanti ditemui usai kegiatan pelantikan 166 orang CPNS menjadi PNS di Kantor Gubernur Babel, Rabu (1/12/2021). 

Susanti melanjutkan pertimbangan ditiadakannya rekrutmen CPNS 2022, salah satunya masalah kemampuan keuangan. 

"Memang pengadaan CPNS ini tidak serta merta begitu saja, harus lihat dulu kemampuan keuangan, begitu juga yang ada di daerah," jelas Susanti. 

Menurutnya, jumlah PNS yang ada di lingkungan Pemprov Babel sekitar 5.390 orang ini jauh dari jumlah ideal yang dibutuhkan, namun hal itu akan tetap dimaksimalkan oleh pihaknya.

"Kalau idealnya itu perkiraan hitungan kasarnya harus 10 ribuan, tetapi tergantung dari kemampuan daerah," terangnya. 

Ditambahkannya kekurangan PNS ini juga masih dirapatkan lagi oleh pihaknya dengan memetakan kebutuhan bersama biro organisasi dan kabupaten/ kota terkait penyetaraan jabatan.

"Karena jumlah pegawai itu harus sesuai dengan peta jabatan," paparnya 

"Dan jumlah ideal PNS ini harus disesuaikan dengan persentasenya sesuai jumlah penduduk, kemampuan daerah, luas wilayah serta anggarannya," pungkas Susanti. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE